Ananda Ersita Maharani

Sekolah Sambil Jualan Pulsa

RADAR JEMBER.ID – Menjadi pelajar, ternyata tidak menutup peluang menjadi pengusaha. Meski masih duduk di bangku SMK, sambil melewati hari-harinya sebagai pelajar, rupanya bisa menghasilkan rupiah. Yakni dengan berjualan pulsa dan paketan data walaupun tak punya konter.

Itu yang dilakukan Ananda ersita Maharani. Gadis yang hobinya berenang ini rupanya juga memiliki bisnis kecil-kecilan. Yaitu menjual pulsa dan kuota internet. Ia melakukan bisnis itu sejak menempuh pendidikan di SMKN Pasirian.

Memang unik, sebab Nanda, sapaan akrabnya, menjualnya tidak di sebuah konter. Melainkan hanya lewat smartphone-nya. “Berjualan tanpa mengenal waktu atau bisa disebut free, jadi bisa menerima pelanggan setiap saat dengan sebuah aplikasi. Lumayan, seminggu bisa dapat ratusan ribu,” katanya.

Dia berbisnis tersebut karena sudah terlatih sejak di sekolah. Apalagi, ditunjang pada jurusannya di sekolah, yakni jurusan pemasaran. “Karena jurusan pemasaran cenderung ke penjualan dan memiliki unsur menghitung. Oleh karena itu, saya memilih untuk menjual pulsa dan kuota internet agar tidak keluar dari keahlian jurusan saya,” tambahnya.

Perempuan kelahiran 19 Mei 2002 ingin terus menggeluti usahanya. Bahkan, sebisa mungkin dia akan mengembangkannya. Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, usaha kecil-kecilannya itu akan terus ditingkatkan. Memang ada kalanya stres. Siswi yang kini duduk di kelas XI jurusan pemasaran ini sering mengobati stresnya dengan berenang. “Untuk melepas rasa resah dan jenuh, biasanya renang. Agar badannya bisa tambah tinggi juga,” ungkapnya. (*)

Reporter : Hafid Asnan

Fotografer : Hafid Asnan

Editor : Narto