Gelar Festival,Tingkatkan Pangsa Pasar Durian

PROMOSIKAN DURIAN: Bupati dan Wakil Bupati Lumajang Thoriqul Haq (berbaju putih) dan Indah Amperawati (baju kuning), saat berkunjung ke sentra produksi durian di wahana wisata Sumbersedaeng, Wonokerto.

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Keinginan pemerintah Lumajang mengoptimalkan potensi durian agar merambah pangsa pasar luar daerah rupanya tidak hanya wacana belaka. Untuk mewujudkannya, Bupati dan Wakil Bupati Lumajang Thoriqul Haq-Indah Amperawati, meninjau langsung sentra produksi durian di wahana wisata Sumbersedaeng di Dusun Wonosari, Desa Wonokerto, Kecamatan Gucialit, Sabtu (9/3).

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, durian merupakan salah satu produ unggulan daerah. Untuk itu, dia berencana akan mengadakan festival durian, April mendatang. Targetnya, memasarkan durian hingga menembus pangsa pasar luar daerah, karena produksi durian di kawasan ini cukup melimpah.

Menurut bupati langkah ini perlu direalisasikan. Selain memasarkan durian, festival tersebut juga dinilainya bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan potensi wisata di Sumbersedaeng. “Pemerintah ingin memberikan wadah yang tepat, misalnya mengadakan festival durian. Tujuannya untuk meningkatkan pangsa pasar durian supaya lebih dikenal di berbagai daerah,” ujarnya.

Hal senada juga diutarakan Wabup Indah Amperawati. Dia mengutarakan, potensi durian Lumajang selama ini sudah mampu menarik para pecinta durian untuk datang dan mencoba cita rasa khas durian daerah.

Oleh sebab itu, agar potensi durian Lumajang tetap melimpah, Wabup meminta masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan. Caranya dengan menjaga sumber mata air, dan tidak lagi melakukan penebangan pohon sembarangan. “Semuanya saling memiliki keterkaitan. Peduli menjaga lingkungan untuk mendapatkan sejuta manfaat alam,” tuturnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Wonokerto Haji Tupin menambahkan, durian daerahnya pernah menyabet juara tiga festival durian yang pernah diadakan Dinas Pertanian. Sehingga diakuinya, prestasi tersebut berimbas positif terhadap perekonomian para petani durian di kawasan setempat.

“Alhamdulillah, yang dulunya para petani durian mengantarkan, sekarang bisa didatangi para pembeli,” tandasnya.

 

Berita Lumajang Hari Ini dan Berita Lumajang Terbaru hanya di radarjember.id

IKLAN

Reporter : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan