Kejar Ketertinggalan, Instruksikan OPD Tingkatkan IPM

DITARGET : Wakil Bupati Lumajang Ir Indah Amperawati, MSi, memberi instruksi kepada jajaran OPD Lumajang untuk lebih mengoptimalisasikan tupoksi agar mampu mendorong peningkatan IPM di kabupaten setempat.

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Pemkab Lumajang serius mendorong maksimalisasi kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Ini untuk mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di kabupaten setempat. Karena IPM Kabupaten Lumajang masih berada di urutan ketiga terbawah, atau menduduki peringkat 36 dari 38 daerah di Jawa Timur.

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati meminta, peringkat IPM di Lumajang harus mentas dari urutan terbawah. Atas dasar itulah, Wabup yang biasa dipanggil Bunda Indah menegaskan kepada seluruh jajaran OPD agar segera mencari solusi untuk menuntaskan persoalan ini.

Oleh karenanya Wabup menggugah kepada para OPD agar mampu meningkatkan tiga sektor IPM, yang meliputi pembangunan dan peningkatan sektor pendidikan, kesehatan dan pertanian.

“OPD harus punya gambaran, punya program sebagai solusi terhadap kondisi IPM Lumajang yang masih rendah,” tegasnya, saat rapat bersama seluruh OPD di ruang Narariya Kirana lantai 3 Kantor Bupati, Rabu (6/3).

Bahkan Wabup juga meminta kepada seluruh OPD untuk memaksimalkan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) masing-masing untuk mencapai target tersebut. Dia mencontohkan, misalnya mengenai potensi durian gencono yang ada di Lumajang.

Menurutnya kualitas super durian tersebut tentunya harus mampu diberdayakan oleh dinas pertanian (disperta). “Durian yang ada di gencono itu berkualitas super. Saya kira disperta perlu menandai pohon-pohon durian yang memiliki kualitas super itu agar bisa diberdayakan,” terangnya.

 

Berita Lumajang Hari Ini dan Berita Lumajang Terbaru hanya di radarjember.id

IKLAN

Reporter : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan