Pentas PAI, Bentuk Karakter Siswa Islami

TES PENGETAHUAN: Bupati Lumajang Thoriqul Haq meminta siswa-siswi yang mengikuti lomba Pentas PAI tingkat sekolah dasar membaca salah satu surat yang dihafal dalam Alquran.

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Pemerintah Kabupaten Lumajang terus mendorong agar siswa sekolah tingkat dasar gemar memperdalam ilmu agama islam. Salah satu cara yang dilakukan yakni menggelar Pekan Ketrampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) untuk tingkat sekolah dasar se-kabupaten setempat.

Acara ini yang bertempat di SMK Muhamadiyah Lumajang dibuka oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Sabtu (2/3). Di hadapan para siswa peserta Pentas PAI, bupati mengaku bangga. Karena menurutnya, keikutsertaan mereka dalam acara ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan tentang pendidikan agama islam yang dinilainya menjadi fondasi dasar membentuk karakter yang baik dan santun.

Agar dalam pelaksanaan Pentas PAI ini memiliki keberlanjutan, bupati mengharapkan, ke depan harus diperbanyak lomba keterampilan di ajang tersebut. “Kedepan perlu ditingkatkan. Supaya dapat menjawab harapan masyarakat terhadap pendidikan Agama Islam. Selain itu, juga sesuai keinginan wali murid yang ingin putra-putri mereka mendapatkan pengetahuan keagamaan,” kata Cak Thoriq, sapaan dia.

Di lokasi yang sama, bupati juga berpesan kepada para guru agar lebih inovatif dalam menyampaikan ilmu pengetahuan, utamanya terhadap para siswa di sekolah tingkat dasar. Ini bertujuan, agar metode pembelajaran yang praktis dapat membuat peserta didik memiliki kreativitas dalam mendalami ketrampilan. “Tentu hal ini yang diharapkan oleh orangtua terhadap prestasi anak,” tambahnya.

Sebelumnya, para peserta yang berhasil mengikuti Pentas PAI sudah menjalani seleksi di tingkat kecamatan. Masing-masing merupakan perwakilan dari 21 kecamatan yang ada di Lumajang. Dalam kesempatan itu, bupati juga memberikan hadiah kepada para peserta yang hafal Alquran surat An-naba’ dan Al Mulk.

 

Berita Lumajang Hari Ini dan Berita Lumajang Terbaru hanya di radarjember.id

IKLAN

Reporter : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan