Wabah DBD Meningkat, Waspadai Genangan Air Jernih

Ketua Ikatan Doter Indonesia (IDI) Cabang Jember, yang sekaligus Direktur RSD dr. Soebandi Jember, dr. Hendro Soelistijono, MM, MARS.

RADARJEMBER.ID – Memasuki musim penghujan, kasus Demam Berdarah Dengue (DB) mulai mewabah. Berbagai cara ditempuh sebagai proses pencegahan. Salah satunya dengan fogging. Namun, pengasapan menggunakan racun insektisida saja tidak cukup, melainkan juga harus menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah.

Hal itu disampaikan dr Hendro Soelistijono, Ketua Ikatan Doter Indonesia (IDI) Cabang Jember. “Fogging tidak bisa sepenuhnya mengatasi wabah DBD. Fogging hanya membunuh nyamuk dewasa. Sedangkan untuk jentik dan telur nyamuk tetap hidup. Jadi, perlu ada kewaspadaan terhadap genangan air,” terangnya.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Rumah Sakit Daerah ( RSD) dr Soebandi Jember, memasuki musim hujan di tahun 2019 ini kasus DBD terus mengalami peningkatan. Sejak Januari hingga medio Febuari, pasien DBD di RSD dr Soebandi Jember tercatat ada 42 pasien. Jumlah ini meningkat tajam bila dibandingkan periode sama di tahun sebelumnya, yang hanya tercatat delapan kasus.

Tak hanya itu, dia juga menjelaskan nyamuk Aedes Aegypti berkembangbiak pada genangan air jernih. Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran masyarakat untuk melakukan gerakan 3M plus, dan juga satu rumah satu jumantik. Kegiatan menguras, menutup dan mengubur barang yang dapat menjadi sarana perkembangbiakan nyamuk tersebut bisa membantu membasmi dan mencegah berkembangnya jentik nyamuk.

“Gerakan 3M plus harus serius dilakukan. Setidaknya rutin seminggu sekali agar efektif mengurangi peekembangbiakan nyamuk,” tandasnya.

Mengenai meningkatnya wabah DBD, dia mengimbau, agar masyarakat juga memperhatikan lingkungan sekitar. Selain nyamuk berkembangbiak di genangan air, nyamuk juga suka pada tempat-tempat yang gelap. Seperti di balik baju yang digantung. “Jadi jangan suka menggantung baju, karena itu bisa menjadi tempat bersarangnya nyamuk,” jelasnya. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Mahrus Solih