Hubungkan Kecamatan Tlogosari dan Wringin

Tergerus Air, Sisi Jembatan Ambrol

9
AMBROL: Inilah jembatan di Dusun Bedian, Desa Gunosari, Kecamatan Tlogosari, yang ambrol pada musim penghujan tahun ini.

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Tanah sisi pinggir Jembatan di Dusun Bedian, Desa Gunosari, Kecamatan Tlogosari, tergerus air. Akibatnya, akses ke jembatan ini sempat putus. Padahal, jembatan ini menghubungkan dua kecamatan, yakni Tlogosari dan Sumber Wringin.
Malam hari ambrol, pagi hari kemarin (11/2) warga desa setempat membuat jembatan bambu sebagai jembatan sementara. Dengan demikian masyarakat bisa melintas menggunakan jembatan tersebut. Walau begitu, pembenahan yang permanen sangat diperlukan. Sebab, akses jembatan ini merupakan sarana mempermudah akses dua desa. Yakni Desa Bedian, Kecamatan Tlogosari dengan Desa Plampang, Kecamatan Sumber Wringin.
Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bondowoso R Ach Ayib Rasyidi mengatakan, sebagai sarana penghubung, warga memakai rakitan bambu secara swadana, agar bisa melintas menggunakan jembatan tersebut. “Namun, memang putus itu, perlu ada penanganan khusus,” jelasnya.
Dijelaskannya, jembatan itu ambrol setelah diguyur hujan deras. Air yang berasal dari perkebunan di atas Tlogosari, mengalir lewat sisi jembatan. Akibatnya, dinding jembatan tergerus dan akhirnya ambrol.
Saat kejadian, intensitas hujan tinggi berlangsung sekitar 3 jam. Sejak pukul 13.00 WIB. Sekitar pukul 14.30 WIB, jembatan sepanjang 40 meter tersebut ambrol sepanjang 6 meter dengan kedalaman mencapai 20 meter. Padahal, jembatan itu baru dibangun. Sekitar tiga tahun lalu. Kondisi jembatannya bisa dilintasi, hanya di sisi jembatan yang ambrol. (*)

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : Solikhul Huda

Editor : Narto