Tanpa Keahlian, 20 Tahun Geluti Usaha Topeng Bujang Ganong

25
PENGRAJIN TOPENG. Sebagai pengrajin topeng, kini Eko telah memilki galeri sendiri, itu berkat keuletannya selama 20 tahun.

RADAR JEMBER.ID – Usaha pembuatan topeng bujang ganong milik Eko Wahyudi mungkin belum banyak dikenal oleh masyarakat Jember, padahal bapak empat orang anak, beralamatkan di Jalan Achmad Sidiq Gang IX, Kelurahan Jember Kidul, Kaliwates itu, melakoni pekerjaan tersebut selama 20 tahun.

Awal ketertarikan Eko membuat topeng bujang ganong itu, karena dirinya ingin ikut melestarikan seni tradisional, karena hasil karyanya tersebut dipakai oleh penari bujang ganong.

“Bujang Ganong itu bagian dari penampilan reog Ponorogo, pengrajin topeng bujang ganong di Kabupaten Jember bisa dihitung jari, khusus dikawasan kota cuma saya saja,”jelas Eko.

Di tahun 2000 lalu, Eko mulai merintis usaha ini. Pria ini boleh dibilang cukup nekat, karena dia sama sekali tidak memiliki bekal ketrampilan membuat topeng alias otodidak.
“Awalnya cuma iseng ingin mencoba membuat topeng, lama-lama saya berpikir kenapa hal ini tidak dijadikan sebuah mata pencaharian untuk menghidupi keluarga,”ungkapnya.
Menurut pengakuan Eko, usaha pembuatan topeng bujang ganong ini dikerjakannya sendirian, walau terkadang dibantu oleh anaknya, saat hari libur sekolah.

“Sehari saya bisa menyelesaikan 3 sampai 4 topeng bujang ganong berbahan dasar kayu gambelina (sejenis kayu sengon), selain kayu dibutuhkan limbah ekor sapi untuk kelengkapan topeng bujang ganong,”imbuh Eko.

Harga topeng bujang ganong ini bervariasi, tergantung besar kecilnya ukuran topen dan motifnya. Paling murah topeng buatan Eko ini dibandrol Rp 150.000 dan termahal Rp.300.000, agar pemasaran topeng ini bisa lebih jauh lagi, Eko memanfaatkan jasa media sosial.
Bahkan Bupati Jember dr.Hj. Faida, MMR saat mengikuti acara jalan di lingkungan Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, menyempatkan diri mengunjungi tempat usaha pembuatan topeng bujang ganong dan memesan hasil karya Eko tersebut.(*)

Reporter :

Fotografer :

Editor :