Pohon Tumbang di Jalur Lumajang-Malang

Satu Jam Akses Jalan Tertutup

9
DIBERSIHKAN: Petugas melakukan pembersihan pohon tumbang di kawasan Sumbersuko, kemarin. Butuh waktu satu jam untuk kembali membuka jalur utama Lumajang-Malang

LUMAJANG RADAR JEMBER.ID – Pohon tumbang kembali terjadi di Lumajang. Kali ini, giliran kawasan Sumbersuko. Sebuah pohon mahoni berdiameter 40 cm yang tumbang kemarin siang menutup akses jalan jalur Lumajang-Malang. Butuh waktu satu jam untuk membersihkannya dan membuka jalur.
Informasi yang berhasil dihimpun Jawa Pos Radar Semeru, pohon tumbang itu terjadi sekitar pukul 14.35 WIB kemarin. Tepat berada di Jalan Raya Lumajang-Sumbersuko. Atau lebih dikenal dengan kawasan Jembatan Masjid Labruk Kidul.
Suliono, warga setempat mengaku pohon mahoni itu roboh ketika terjadi angin kencang di wilayah Sumbersuko. Dampak dari angin tersebut mengakibatkan pohon mahoni diameter 40 cm dan 20 cm tumbang. “Sehingga rantingnya mengganggu pengguna jalan raya. Jalan sampai macet,” katanya.
Dari kejadian itu, Tim BPBD dan Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang tak lama kemudian datang ke lokasi. Mereka langsung melakukan pemotongan dan pembersihan secara manual. Baru pada pukul 15.30 WIB proses pemotongan dan pembersihan selesai. “Arus lalu lintas Lumajang kembali lancar setelah dibersihkan,” ungkap Adiarto Endro Kasi kedaruratan BPBD Lumajang.
Adi, sapaan akrabnya, menerangkan jika kejadian itu disebabkan cuaca ekstrem. Kontur tanah yang tidak kuat alias gembur karena dekat sungai menyebabkan pohon yang rimbun itu roboh. “Memang ada jalur lain, tapi arus lalu lintas di jalan raya Lumajang-Tempeh sempat macet,” jelasnya.
Ada dua batang pohon mahoni besar yang roboh. Yakni berdiameter 40 cm dan 20 cm. Memang tidak ada korban jiwa, namun kejadian tersebut sempat menyulitkan pengguna jalan. Tim kemudian mengambil langkah setelah berkoordinasi dengan Camat, Danramil, Kapolsek Sumbersuko, Dishub Lumajang, dan PLN Lumajang.
Setelah itu, baru bersama-sama melakukan pemotongan dan pembersihan pohon menggunakan mesin gergaji (chainsaw). Setelah kegiatan pemotongan dan pembersihan selesai pukul 15.30, arus lalu lintas Lumajang kembali lancar.
Ternyata, pohon tumbang tidak hanya itu saja. Sebelumnya juga terjadi sekitar pukul 05.00 WIB jenis Saman/Salobin di Dusun Las Poleng RT 07 RW 02 Desa Selokgondang, Kecamatan Sukodono.
Itu terjadi bersamaan dengan hujan deras di kawasan Lumajang dan sekitarnya sejak dini hari kemarin. Pohon Saman/salobin berdiameter sekitar 150 cm tumbang ke sawah. Robohnya pohon raksasa itu sampai menimpa pagar pembatas rumah warga di depan SDN Selokgondang 02.
Karena besarnya ukuran pohon, proses pembersihan dan pemotongan baru rampung sore hari. Sekitar pukul 16.45 WIB, proses pemotongan batang induk berhasil dilakukan. Sementara, diketahui ada robohnya pagar pembatas rumah dengan ketinggian 2 meter dan ukuran panjang 7 meter milik Sunaryo, asal dusun setempat. (*)

BPBD For Radarjember.id

Reporter : Hafid Asnan

Fotografer : Istimewa

Editor : Narto