Rayakan Imlek, Sekolah Rukun Harapan Kenalkan Budaya Tionghoa

7
Perayaan Imlek: Siswa tampak antusias menyaksikan atraksi barongsai.

RADARJEMBER.ID – Terdengar riuh tawa dan jeritan siswa Sekolah Tiga Bahasa Rukun Harapan Jember saat mengikuti acara peringatan perayaan imlek. Perayaan digelar di Sekolah Tiga Bahasa Rukun Harapan Jember di Jl. R.A. Kartini No.58, Jember.

”Ini merupakan acara rutin Perayaan imlek untuk tahun ini mengusung tema perkenalan tradisi-tradisi, “ungkap Deng Hui Xian, Senin(11/2/2019) salah satu pengajar Mandarin di Sekolah Tiga Bahasa Rukun Harapan. Kegiatan diisi berbagai acara diantaranya, Membuat hong bao (amplop merah), barongsai, membuat lukisan bunga mei hua, menghias topeng (lian pu), membuat lukisan dari teknik kaligrafi tiongkok shufa, membuat anyaman tali merah, dan membuat masakan khas imlek.

Saat atraksi barongsai para siswa tampak antusias dan tak jarang beberapa anak menghampiri barongsai tanpa rasa takut. “Melalui kegiatan ini sebagai pengenalan siswa dan sebagai ajang pengembangan bakat dari masing-masing siswa. Dalam kehiatan ini siswa diajarkan secara langsung. Dan bentuk memotivasi mereka untuk lebih giat dalam belajar bahasa tionghoa,” jelas Susanti Tanojo seorang pengajar.

Sementara itu Susan menjelaskan, sebagai puncak perayaan Imlek nantinya akan digelar acara Spring Festival 2019 , pada Minggu, 24 Februari 2019. Di sekolah tiga bahasa ini juga mengadakan kegiatan untuk peringatan hari besar agama dan nasional lainnya karena siswa yang belajar berasal dari berbagai macam suku dan agama.

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Dzikri Abdi Setia