KPU Rutin Gelar Sosialisasi Menjelang Pemilu

17
Rima Diana Puspita Komisioner KPUD Jember.

RADARJEMBER.ID – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Jember rutin gelar sosialisasi menjelang Pemilu 2019. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk informasi kepada masyarakat yang memenuhi syarat untuk menggunakan hak suaranya dan berpartisipasi dalam pemilu 2019.

“Sudah banyak sekmen kita lakukan. Dan KPU juga ada relasi demokrasi mulai dari sekmen pemuda, pemula, perempuan, keluarga, dan total semua sekmen sekitar sebelas sekmen, “jelas Rima Diana Puspita sebagai Komisioner KPUD Jember. Sosialisai juga dilakukan di berbagai instasi, sekolah atau pondok.

Rima menjelaskan, pemprosesan pindah tempat memilih didominasi dari golongan pelajar. “Untuk pindah masuk atau keluar bisa diurus di tempat asal atau tempat tujuannya. KPU memberi jeda H-60 dalam pemprosesan A5, “jelaasnya. Terkait hal itu karena, lanjutnya, berkaitan dengan surat suara yang nantinya akan di sediakan.

Selanjutnya, setelah pendaftar dinyatakan lolos administrasi pindah pilih secara otomatis data dan hak suara yang bersangkutan dihapus dari daerah asal. Dan untuk jumlah surat suara tergantung sesuai dengan daerah pemilihannya.

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Dzikri Abdi Setia