Hujan Deras Disertai Angin, Pohon Timpa Pagar Sekolah

DIKERUBUTI: Warga Dusun Las Poleng, Desa Selokgondang, Sukodono ramai-ramai melihat pohon besar berdiameter 4 meter yang tumbang menimpa pagar sekolah.

RADARJEMBER.ID – Cuaca ekstrim hujan disertai angin kencang yang melanda Lumajang  mengakibatkan pohon tumbang. Seperti peristiwa yang terjadi di Desa Selokgondang, Kecamatan Sukodono, Lumajang. Sebuah pohon besar yang dulunya berdiri kokoh di depan SDN 02 Selokgondang tumbang oleh terpaan angin kencang disertai hujan deras. Beruntung pada kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa.

Robohnya pohon besar baru diketahui pagi hari oleh masyarakat sekitar yang saat hendak beraktifitas. Sontak kejadian tersebut menjadi perhatian. Menurut informasi yang dihimpun ternyata pohon yang roboh itu merupakan pohon yang selama ini dianggap keramat oleh warga sekitar. “Beruntung tidak terlalu berdampak serius,” kata Sugianto salah seorang warga yang mengetahui tumbangnya pohon besar pada Senin (11/02) pagi hari kemarin.

Dari hasil penelurusan, tumbangnya pohon besar terjadi sekitar pukul 05.00 pagi. Pohon jenis Saman atau Slobin yang tumbang ke areal sawah Dusun Las Poleng terlihat bagian rantingnya sempat menimpa batas pemagar rumah milik salah seorang warga yang berada di depan SDN 02 Selokgondang.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Wawan Hadi Siswoyo yang menerima laporan tersebut mengatakan bahwa tumbangnya pohon yang berdiameter 4 itu dikarenakan usianya yang sudah tua. Disaat bersamaan hujan turun dengan disertai dengan derasnya. Sehingga hal inilah yang membuat akar pohon tidak kuat menahan terpaan hujan angin saat itu. “Sebelumnya hujan dengan curah tinggi disertai angin kencang memang sempat melanda kawasan itu,” katanya.

Guna mengantisipasi kemacetan, para petugas BPBD Lumajang dengan dibantu masyarakat sekitar bergegas memotong dan membersihkan ranting yang sempat berserakan di jalan. “Agar tidak mengganggu para pengguna jalan, petugas sudah melakukan pembersihan ranting pohon secara manual di sekitar area lokasi,” tegasnya.

Reporter : Ahmad Jafin

Fotografer : Ahmad Jafin

Editor : Dzikri Abdi Setia