Pemilik Lupa Matikan Tungku

Dapur Rumah Terbakar

TERBAKAR: Petugas ketika berusaha memadamkan api di lokasi kebakaran kawasan Sumber Mulyo, Kecamatan Senduro

RADAR JEMBER.ID – Meski cuaca ekstrem dengan hujan lebat terjadi, di Senduro kemarin justru terjadi kebakaran. Dapur rumah milik Riyamah, warga RT 2 RW 15 Dusun Sumber Mulyo, Desa/Kecamatan Senduro, dilalap api. Diduga penyebabnya karena pemilik rumah lupa mematikan tungku.
Adiarto Endro, Kasi Kedaruratan BPBD Lumajang menjelaskan, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 10.30 WIB siang kemarin. Terjadi pada rumah Riyamah. Perempuan 68 tahun asal Dusun Sumber Mulyo, Desa/Kecamatan Senduro.
Adi menjelaskan, kebakaran dapur milik ibu Riyamah itu terjadi pada dapur dengan ukuran 10×6 meter. Berisi tumpukan barang-barang bekas. Api pertama kali di lihat oleh Ketua RT Sriyono. “Melihat api dari dapur yang di sebabkan oleh tungku yang belum mati sehabis memasak,” jelasnya.
Pada saat kejadian, korban berada di dalam rumah. Dia lantas meminta bantuan kepada warga untuk memadamkan api. Sontak saja, kejadian itu membuat warga sekitar berdatangan. Namun sayang, semua sudah terlambat. Bangunan dapur yang terdiri atas reng, usuk, dan asbes sudah terlalap api.
Adi menerangkan jika petugas memang datang ke lokasi kejadian. “Api padam pukul 12.10, dipadamkan bersama masyarakat, koramil, polsek, kecamatan, pemerintah desa, damkar dan TRC-BPBD,” jelasnya.
Dijelaskannya bahwa memang tidak ada korban jiwa dan kerugian materiel yang cukup besar. Namun, keteledoran seperti ini kata dia patut untuk diwaspadai. Sebab, sering kali terjadi tungku lupa dimatikan saat meninggalkan rumah.
Sebulan lalu, dia mengaku, yang sama sempat terjadi di kawasan Sumbersuko. Saat itu kejadiannya sama. Lantaran api tungku tidak dimatikan. Baru kemarin terjadi lagi dengan penyebab yang sama. Dia mengimbau agar setiap hendak meninggalkan rumah, semua warga memastikan rumah dalam kondisi aman. (*)

BPBD for Radarjember.id

Reporter : Hafid Asnan

Fotografer : Istimewa

Editor : Narto