Sebanyak 39 Ribu Rumah Belum Teraliri Listrik

15

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Listrik saat ini menjadi kebutuhan primer masyarakat. Namun, siapa sangka, ternyata masih ada puluhan ribu rumah yang belum teraliri listrik di Bondowoso. Hal ini diungkapkan Pemkab Bondowoso dalam kunjungan kerja (kunker), pekan lalu.

Pj Sekda Agung Trihandono mengatakan, jumlah rumah tangga yang belum teraliri listrik di Bondowoso mencapai 39 ribu. Bahkan, sebelumnya angkanya mencapai 49 ribu. Namun, pemkab telah membuat program Sambungan Rumah (SR) listrik gratis. Jumlahnya lumayan banyak. Yakni di angka 10 ribuan rumah. “Program SR ini dimulai sejak 2017 lalu,” jelasnya.

Karenanya, saat ini masih ada sekitar 39 ribuan lebih rumah tangga di Bondowoso yang belum memiliki listrik. Sebagai langkah konkret, pemerintah akan terus melakukan intervensi. Yakni dengan menggelontorkan program pemasangan SR Listrik gratis.

Agung menerangkan, pihaknya beberapa waktu lalu melakukan rapat untuk memverifikasi dan validasi jumlah calon penerima bantuan untuk pemasangan listrik gratis. Pagunya untuk 2019 mencapai 26.531 SR nantinya. “Sisanya masih sekitar 14 ribuan, nanti akan diselesaikan pada 2020,” jelasnya.

Dijelaskannya, dalam kondisi ini, maka kasus rasio elektrifikasi Bondowoso bisa diselesaikan pada tahun 2020. Karena itu, pihaknya meminta setiap kepala desa untuk memverifikasi dan validasi data penerima bantuan pemasangan listrik ini secepat mungkin dalam waktu dekat. Untuk SR yang gratis itu, pemkab bekerja sama dengan PLN. Leading sector-nya adalah Bagian Ekonomi Setda Bondowoso. Seluruhnya dapat daya listrik 450 kwh. (*)

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : Solikhul Huda

Editor : Narto