Rika Damayanti, S.TP

Nikmati Hidup di Desa

21

LUMAJANG RADAR JEMBER.ID – Bagi Rika Damayanti, hidup di desa menjadi pengalaman baru. Perempuan kelahiran Lumajang, 9 April 2992 itu meninggalkan Kota Lumajang untuk tinggal di Dusun Kaliwelang, Desa Gondoruso untuk mendampingi suami yang menjadi kepala desa (kades). Sejak menjadi Ketua PKK Desa Gondoruso, dia banyak aktif di kegiatan masyarakat.

Bahkan, dia banyak mendorong masyarakat desanya, khususnya kaum hawanya untuk lebih aktif lagi. Meski berada di daerah pelosok yang minim sinyal telepon seluler, tak menyurutkan semangatnya untuk lebih berguna bagi masyarakat. Menjadi ibu bagi anaknya, serta ibu bagi masyarakat Gondoruso adalah tantangan terbesarnya.

Dia menjelaskan, dia harus bersedia menerima keluh kesah banyak orang dan berusaha menjadikan Desa Gondoruso lebih baik. Bahkan, Rika, sapaan karib alumnus Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember (FTP Unej) itu, merintis sekaligus menjadi kepala sekolah PAUD Mutiara Harapa 2 di Dusun Kaliwelang. “Tujuannya agar para calon penerus Desa Gondoruso memiliki bekal pendidikan usia dini yang baik, dan mereka bisa mendapatkan kesempatan pendidikan yang lebih baik,” kata Rika.

Kesibukan Rika tak berhenti di situ saja. Rika dipercaya menjadi Direktur BUMDESa Maha Karya di Desa Gondoruso. “Dengan bimbingan dan support suami tercinta serta Bunda Nanik Indayati yaitu kabid Perekonomian DPMD Kabupaten Lumajang, BUMDESa bisa mengembangkan berbagai unit usaha yang di jalankan oleh sebagian masyarakat Desa Gondoruso,” ujarnya.

Antara lain simpan pinjam, produksi nafsu makan ternak, kredit usaha rakyat dalam bidang peternakan sapi, olahan makanan dari jamur, layanan keuangan, dan penggemukan sapi. “Peningkatan sumber daya  pengurus terus dilakukan. Ini menjadi fondasi dalam kemajuan BUMDESa dengan mengikutsertakan dalam berbagai kegiatan pelatihan di dalam dan luar kota. Bahkan ada rencana training BUMDSa ke Cina,” ujarnya (*)

Reporter : Hafid Asnan

Fotografer : Hafid Asnan

Editor : Narto