Sekolah Desa Tidak Bisa Dipandang Sebelah Mata

18
SEKOLAH DESA: Kehadiran sekolah desa seperti SMP Mitra memiliki peran penting, salah satunya mencerdaskan anak bangsa.

RADAR JEMBER.ID – Kesadaran masyarakat terhadap pendidikan saat ini cukup tinggi, Di pelosok desa sekalipun, saat ini terdapat bangunan sekolah. Salah satunya adalah SMP Mitra  berlokasi di Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang. SMP kecil yang hanya memiliki 3 ruang kelas tersebut, sejak awal berdiri di tahun 2010, telah ikut andil dalam  mencerdaskan anak bangsa.

Menurut Moch Gufron SPd, Kepala SMP Mitra Slawu Jember, pendirian sekolah di desa hakekatnya tidak lain ikut mendukung program pemerintah wajib belajar (wajar) sembilan tahun. “Sekolah desa lebih diminati oleh masyarakat, karena orang tua tidak perlu menyekolahkan anaknya ketempat yang jauh,” tegas Gufron.

Namun demikian, Gufron mengungkapkan, sekolah desa seperti SMP Mitra tidak sekadar lembaga pendidikan yang menerima anak didik. Namun, sekolah ini berusaha semaksimal untuk terus meningkatkan kualitas, mulai sarana prasarana hingga kegiatan belajar mengajar (KBM).

“Meskipun sekolah itu letaknya di desa, namun kecanggihan teknologi tidak bisa dihindari. Mau tidak mau sekolah harus menyesuaikan diri, dampaknya orang desa kini melek teknologi,”ungkap Gufron.

Di SMP Mitra Slawu Jember, saat ini memilki piranti teknologi canggih seperti 25 komputer dan jaringan internet, hal ini untuk mendukung kelancaran KBM, bahkan SMP kecil  tersebut telah menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sejak tahun 2018 lalu. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Winardi Nawa Putra