Maling Motor Kampusan Ditembak

BB Langsung Dikembalikan ke Pemilik

66
DILUMPUHKAN: Kedua pelaku maling motor yang berhasil dilumpuhkan petugas anggota Resmob Kota II beserta dengan empat unit motor.

RADARJEMBER.ID – Polres Jember berhasil menangkap dua pelaku pencurian kendaraan bermotor yang selama ini melakukan aksinya di wilayah Kampus Tegalboto. Tidak hanya di wilayah kampus saja, tetapi kedua pelaku ini ternyata sudah malang melintang melakukan aksinya di berbagai daerah. Keduanya berhasil dibekuk anggota Resmob Kota II.

Kedua pelaku masing-masing Kateni, 40, warga Dusun Mojoroto, Desa Tegalsari, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi dan Ali Samsi Ayuf Priandi, 27, residivis kasus pemerasan yang merupakan warga Dusun Krajan, Desa Sukorejo, Sukowono. Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo mengatakan, terungkap dan tertangkapnya pelaku setelah adanya informasi dari masyarakat bahwa kendaraan yang digunakan pelaku merupakan hasil tindak pidana.

Dua pelaku pencuri motor ini ditangkap setelah korban Dani Syah Nurwin, 29, warga Kecamatan Sanggrahan, Banyuwangi, yang menjadi driver Gojek melapor. Setelah dilakukan investigasi dan penyidikan, ternyata benar bahwa kendaraan tersebut merupakan hasil pencurian. Petugas pun berhasil mengamankan dua pelaku. Namun, saat hendak ditangkap, kedua pelaku berusaha melarikan diri.

Karena takut buruannya kabur, terpaksa petugas menghadiahi timah panas ke kaki kiri keduanya. Dari hasil pengembangan, petugas menemukan 4 kendaraan dari tangan kedua pelaku. Yakni 2 unit motor sport Yamaha Vixion dan 2 unit motor matik Honda Beat. Dari penyidikan sementara, pelaku sudah beberapa kali melakukan aksinya di berbagai tempat. “Modus dari pelaku adalah mencongkel rumah, perkantoran, dan kampus, dengan menggunakan kunci T,” ucap Kusworo, kemarin.

Pelaku selama ini sering menjalankan aksinya di beberapa wilayah. Keduanya selalu bekerja sama dalam melakukan aksi pencurian. “Satunya berperan sebagai joki dan satunya eksekutor,” terangnya. Keduanya terancam 7 tahun kurungan penjara. Pihaknya mengatakan, barang bukti akan secepatnya diserahkan kepada pemiliknya.

Kemarin, Kusworo langsung menyerahkan barang bukti kepada korban (pemilik) Dani Syah Nurwin. Korban langsung menerima sepeda motornya miliknya yang hilang dua hari lalu. Dani yang berprofesi sebagai driver ojek daring (online) di Jember ini mengaku kehilangan motornya saat sedang tidur di kamar kosnya di Jalan Karimata, Gang Lembah Permai, Kecamatan Sumbersari. “Saat itu saya pulang dari ngojek malam harinya,” ujar Dani saat ditemui di Polres Jember, kemarin.

Namun, paginya saat dirinya bangun sudah mendapati motornya tidak ada di tempat “Kunci pagar terbuka paksa,” ujar korban. Dirinya berterima kasih kepada kapolres karena motornya sudah kembali. Dirinya pun bisa kembali bekerja sebagai pengemudi ojek daring (online) lagi

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Rangga Mahardhika