Target PPK Dituntut Tuntas Februari

8

LUMAJANG RADARJEMBER. ID – Jelang diselenggarakannya pesta demokrasi pemilu 2019, giat KPU Lumajang dalam melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih kian gencar. Seakan berusaha memaksimalkan sisa waktu jelang pemilu yang digelar 17 April 2019 mendatang, divisi KPU Lumajang pada Kamis pagi (7/02) tadi menggelar rapat koordinasi pemantapan pelaksana sosialisasi pemilu di Aula KPU. Hadir pada rapat koordinasi seluruh PPK se-Kabupaten Lumajang.

Rapat koordinasi digagas oleh Muhammad Ridhol Mujib selaku Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih. dijelaskan, partisipasi masyarakat dan SDM menekankan pentingnya pemetaan sasaran sosialisasi agar tercipta efisiensi dan efektifitas dalam menyampaikan informasi mengenai pemilu.

PPK sebagai kepanjangan tangan KPU juga diharapkan mampu memahami dan mendalami hal-hal yang mendukung untuk suksesi pemilu tahun ini.

Dijelaskan,  di Februari ini, seluruh PPK dan komponennya yang tersebar di 21 kecamatan daerah Lumajang diharapkan matang dan tuntas dalam kaitannya dengan penyampaian sosialisasi.

Masyarakat harus diberikan pengetahuan dan pemahaman terkait jenis-jenis pemilu beserta warna surat suara yang akan dicoblos nanti.

“Kita ingin Februari ini tuntas. Informasi mengenai jenis-jenis pemilu dan surat suara sudah harus tersampaikan di masyarakat. Oleh sebab itu, PPK yang ada berada di 21 kecamatan harus betul-betul matang dalam memahamkan pemilih,” ungkap Muhamad Ridhol Mujib, salah satu Komisioner KPU Lumajang ini saat memberikan keterangan kepada radarjember.id usai rapat Kamis siang (7/02) di kantor KPU.

Hal lain yang disinggung saat rapat koordinasi bahwa PPK harus senantiasa meningkatkan sinergitas dengan para relawan demokrasi KPU. Menurutnya akan sangat lebih mudah jika saat dilakukan sosialisasi sudah terjalin komunikasi aktif dan pemahaman bersama.

“Sinergitas PPK dengan relawan demokrasi haruslah ditingkatkan. Sehingga setiap persoalan yang ditemukan di lapangan akan bisa diinventarisir untuk segera dilakukan langkah-langkah solutif. Inilah komitmen yang harus selalu dipegang teguh dan dibuktikan agar pemilu 2019 ini benar-benar berkualitas yang bisa dinikmati masyarakat dengan rasa bahagia,” urainya.

Seperti diketahui bahwa pemilu tahun ini masyarakat akan melakukan 5 kali coblosan jenis pemilu saat berada di dalam TPS. Kelima jenis pemilu tersebut diantaranya memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Oleh karenanya  menurut Ridho  satu suara menentukan arah bangsa 5 tahun ke depan. “Gunakanlah hak pilih karena negara kuat berdaulat adalah tanpa golput,” pungkasnya. (*)

Reporter : Ahmad Jafin

Fotografer : Ahmad Jafin

Editor : Winardi Nawa Putra