Pelaporan Pindah Pilih Pemilu 2019 Paling Lambat 17 Febuari 2019

12
MENGURUS PINDAH PILIH: Proses pengurusan formulir A5 sebagai syarat pindah pilih pemilu 2019.

RADARJEMBER.ID – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Jember membuka pelayanan untuk berpindah tempat memilih pada Pemilu 2019. Pelayanan tersebut bisa dilakukan paling lambat tanggal 17 Febuari 2019.

Maka dari itu, KPUD Jember gencar melakukan sosialisasi terkait kebijakan terkait program pindah pilih. Rima Diana Puspita, Komisioner KPUD Jember mengatakan, pelayanan pindah pilih dapat diurus setiap hari mulai pukul sembilan pagi sampai empat sore dan selambat-lambatnya tanggal 17 Febuari 2019.

“Mekanisme itu bisa dilakukan dengan membawa surat pindah dari kota asal atau bila tidak memungkinkan untuk pulang bisa hanya membawa E KTP saja,” jelasnya. Proses administrasi bisa dilakukan di KPU atau Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Dijelaskan, program pindah pilih dilakukan karena adanya masyarakat tidak berada di daerah asal karena alasan tertentu, sehingga tidak bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

Program pindah pilih dimaksudkan agar dapat menekan angka masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya saat pemilu 2019 berlangsung. “Semoga masyarakat turut berpartisipasi dalam pemilu 2019. Untuk yang belum mengurus pindah pilih segera diurus di KPU atau di Panitia Pemungutan Suara (PPS) terdekat, “ujar Rima. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Winardi Nawa Putra