Masih Banyak Tidak Paham Cara Ngurus Pindah Pilih

11
GUNAKAN HAK PILIH: Husnul Khatimah mahasiswa asal Aceh masih proses pelaporan pindah pilih,

RADARJEMBER. ID – Menjelang pesta demokrasi 17 April 2019 mendatang, tidak bisa dipungkiri masih ada masyarakat yang belum administrasi pindah pilih. Padahal, surat pindah pilih atau formulir A5 bisa diproses di KPU atau Panitia Pemungutan Suara (PPS) terdekat.

“Belum mengurusi saya. Masih bingung cara mengajukannya,” kata Husnul Khatimah, mahasiswa Universitas Negri di Jember asal Aceh, Jumat (8/2/2019). Husnul mengaku, ini tahun pertamanya pemilihan di luar aceh.

Hal serupa juga terjadi pada Sasmita, Mahasiswa asal Lumajang. “Masih bingung cara mengurusinya. Tapi kemarin sempat diajak teman buat ngurus surat pindah, tapi pas ada acara jadi sampai sekarang belum saya urusi,” ujarnya.

Untuk diketahui, proses pindah pilih bisa dilakukan dengan mendaftarkan pindah pilih ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan membawa E KTP. Dan harus terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT). Batas pengurusan pindah pilih bisa diproses paling lambat 17 Febuari 2019 di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Jember.

Khusnul juga mengungkapkan keinginannya untuk berpartisipasi dalam pemilu 2019. “Ini kan untuk menentukan Indonesia ke depannya, jadi saya tidak mau menyia-nyiakannya, untuk mengurus pindah pilih akan saya urus secepatnya , “jelas Khusnul. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Winardi Nawa Putra