Keliling ke Sekolah-Sekolah di Jember

Jr Nba Asia Ajarkan Dasar Bola Basket

13
BERI PELAJARAN BERHARGA: Jr NBA Asia bersama volunteer, seusai memberikan materi di salah satu sekolah, di Jember. Mereka berkeliling ke sekolah-sekolah selama sebulan di Jember.

RADAR JEMBER – Program pengembangan bola basket bagi anak-anak usia dini menjadi dasar Jr NBA Asia melatih dasar bola basket di Indonesia. Program resmi dari NBA di Amerika ini mengajak para pebasket muda untuk memahami cara bermain bola basket yang baik dan benar.

Jr NBA Asia juga bertujuan mengembangkan semangat bermain bagi kalangan anak muda berusia 5-14 tahun. Serta menanamkan inti dari nilai sportivitas (sportsmanship), kerja sama tim (teamwork), sikap positif (positive attitude), serta saling menghargai antarlawan (respect).

Dalam lawatannya ke Jember beberapa waktu lalu, pihak Jr NBA Asia membawa dua pelatih dari Filipina. Yakni coach Kalvin dan Melki. Dalam penerapannya, mereka memberikan beberapa poin kepada para siswa. Yakni tentang dasar-dasar bola basket. Mulai dari peraturan hingga cara bermain yang benar.

Program keliling ke sekolah di Jember ini digelar Jr NBA Asia selama sebulan, sejak tanggal 7 Januari lalu. Dua pelatih asal Filipina tersebut dibantu sukarelawan. ”Sebelum ke Jember, Jr NBA Asia ini sudah berkeliling ke Banyuwangi, Lumajang, dan Situbondo,” ujar salah satu sukarelawan, Marsilia Widya Senjaningtyas.

Dia mengaku banyak mendapat manfaat saat ikut membantu Jr NBA Asia selama di Jember. “Manfaat untuk kami sebagai volunteer tentu jadi banyak tahu. Yaitu cara menyampaikan belajar basket untuk anak-anak. Mulai dari SD, SMP hingga, SMA,” ungkap Marsilia.

Dengan adanya Jr NBA Asia tersebut, mereka mau mengenalkan bola basket kepada anak usia dini. Anak-anak tersebut juga bisa diajarkan bola basket. “Anak-anak jadi familiar dengan basket. Dari pelosok desa sampai kota bisa tahu tentang basket,” imbuhnya.

Kegiatan tersebut juga bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga  (Dispora) Jember. “Dalam program ini, Dispora Jember hanya sebagai fasilitator saja,“ ungkap Dedi Nur Ahmadi, Kepala Dispora Jember.

Sebelumnya, dalam pelatihan guru tahun lalu, ada tiga pelatih profesional dari tiga negara yang melatih. Yakni Caterina dari Australia, Kelvin dari Filipina, dan Igiet Jayanto dari Indonesia. (*)

Perbasi Jember for Radarjember.id

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono