Termasuk Kawasan Kecamatan Ijen

Arak-Arak Berpotensi Longsor

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Hujan disertai angin kencang yang hampir setiap hari terjadi di Bondowoso, membuat BPBD Bondowoso mengaktifkan posko bencana alam. Para petugas lapangan selalu siap jika terjadi longsor dan puting beliung.

Ada beberapa lokasi yang berpotensi longsor, antara lain Arak-Arak Wringin dan wilayah Kecamatan Ijen. Selain itu, angin puting beliung juga berpotensi dialami hampir semua wilayah Bondowoso.

Kepala BPBD Kukuh Triatmoko mengatakan kepada Radarjember.id, hujan turun yang disertai angin kencang sudah diantisipasi oleh BPBD. ”Misalkan ada pohon tumbang yang terjadi di Koncer, maka petugas di posko langsung bergerak untuk mengatasi pohon tumbang yang menimpa rumah warga di Koncer,” katanya.

Meski tidak memakan korban jiwa, namun petugas terus berusaha mengevakuasi warga. ”Pohon yang tumbang pun sudah dipotong-potong. Dan BPBD sudah berusaha memperbaiki rumah yang rusak akibat pohon tumbang,” katanya.

Diakui Kukuh, hujan yang kerap turun hingga berjam-jam di Bondowoso akan berdampak pada terjadinya longsor. “Kami sudah memetakan. Ada daerah yang rawan longsor, yakni Arak-Arak Wringin dan kawasan Ijen. Dua area ini berpotensi longsor,” katanya.

Selain itu, bencana yang patut diwaspadai adalah terjadinya angin kencang atau puting beliung. ”Untuk kawasan yang berpotensi terkena puting beliung, itu merata di Bondowoso. Dan, BPBD sudah melakukan antisipasi dengan menggerakkan petugas lapangan jika terjadi angin puting beliung,” katanya.

Bahkan, BPBD memiliki target untuk menyelesaikan problem yang terjadi lebih kurang 15 menit setelah kejadian. ”Misalkan ada pohon tumbang, maka petugas akan membersihkan pohon yang tumbang dan mengamankan area tidak lebih dari 15 menit,” katanya. (*)

Reporter : Eko Saputro

Fotografer : Eko Saputro

Editor : Narto