13 SSB Ikuti Turnamen, Jadi Ajang Asah Skill Pemain

112

LUMAJANG RADARJEMBER. ID – Geliat pembinaan pesebak bola usia dini di Lumajang terus digencarkan. Melalui ajang turnamen liga anak, skill mereka terus diasah. Bakat-bakat terpendam mereka seakan distimulus agar mampu diperlihatkan saat dalam pertandingan.

Menggunakan format setengah kompetisi, ini pula yang dilakukan Paguyuban Sepak Bola Lumajang (Passbolu) dengan menggelar kegiatan turnamen. Bertempat di Lapangan Mitratam, Desa Sumberejo, Sukodono, turnamen diikuti oleh sekitar 13  Sekolah Sepak Bola (SSB) U-14. Mereka merupakan SSB yang tersebar di berbagai kecamatan yang ada di Lumajang.

“Format setengah kompetisi yang digelar Passbolu diikuti 13 SSB usia dini yang berasal dari sejumlah kecamatan di Lumajang. Diantaranya ada yang berasal dari Kecamatan Tempeh, Pasirian, Lumajang, dan beberapa kecamatan lain. Rata-rata usia mereka 14 tahun,” kata Hadi, Ketua Passbolu saat ditemui radarjember.id di Lapangan Mitratam, Selasa (5/2/2019).

Disampaikan, gelaran turnamen kali ini tujuan utamanya bukan mencari siapa pemenang. Namun hal tersebut lebih menekankan kepada orientasi mengasah mental pesebak bola usia dini. Diharapkan nantinya dari turnamen ini dapat muncul bibit-bibit atlet pesepak bola muda berkualitas yang ada di Lumajang.

“Tujuannya mengasah mental bertanding anak-anak. Mengasah skill, memoles bakatnya agar kedepan muncul bibit-bibit atlet masa depan Lumajang,” ungkapnya.

Hal senada juga ditekankan oleh Bambang HK selaku manager Passbolu. Dijelaskan,dirinya bersama jajaran managemen Passbolu berkomitmen mewujudkan pembinaan pesepak bola usia dini berkarakter. Kedisiplinan, mental bertanding dan skill menjadi fondasi dasar yang dikembangkan oleh jajarannya.

“Passbolu merupakan wadah yang kita sediakan bagi bibit-bibit muda pesepak bola usia dini agar hobi dan bakat mereka bisa tersalurkan,” ucap Bambang HK yang sekaligus Exco Askab Lumajang ini.

Selain itu, wujud nyata keseriusan Passbolu terbukti bahwa pelatih di masing-masing SSB yang tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Lumajang sudah berlisensi.

“Pelatih SSB yang ada berlisensi. Hal itu terus kita dorong demi tercipta da terkelolanya sepak bola usia dini lebih maju,” tambahnya.

Rencananya final turnamen liga kids tersebut akan digelar sore nanti. Kegiatan yang sudah berlangsung sejak dua hari kemarin untuk pagi ini masih meneruskan laga lanjutan untuk mencari dua finalis SSB usia dini untuk menuju babak final.(*)

 

Reporter : Ahmad Jafin

Fotografer : Ahmad Jafin

Editor : Winardi Nawa Putra