Ayo Promokan Jember Lewat Video!

RADARJEMBER. ID – Tak hanya dalam bentuk pamflet atau poster, gaung promosi lewat video kini sudah menjadi alternatif yang dipilih oleh berbagai pihak. Lewat video, materi promosi dijelaskan dengan lebih detail dan interaktif serta dapat dinikmati berbagai pihak.

Inilah yang mendasari gelaran lomba videografi promosi bertajuk ,From Local For World, yang digagas oleh Jawa Pos Radar Jember.

Tri Joko, ketua panitia lomba videografi promosi menuturkan, obyek yang akan dipromosikan melalui video adalah produk barang atau jasa dari para sponsorship. Penentuan obyek masing-masih peserta akan dilakukan pda saat technical meeting.

“Setelah TM ada undian penentuan obyek videografi para sponsorship yang akan dilombakan,” ujarnya. Kemudian, lanjut dia, para peserta akan diberi kesempatan dan didampingi untuk bertemu dengan pihak sponsor masing-masing untuk koordinasi pembuatan video. Proses pengerjaannya akan dibebaskan kepada peserta dan sponsor.

“Materi promonya bebas, tergantung pada saat koordinasi dengan sponsor,” imbuh Tri Joko.
Peserta wajib membuat dua video dengan durasi brbeda yaitu 3-5 menit untui diunggah ke YouTube, dan 45-60 detik untuk diunggah ke Instagram.

Seluruh video tidak boleh diunggah ke media sosial pribadi dan hanya di-share di media sosial resmi panitia Jawa Pos Radar Jember. “Video yang diikutkan lomba merupakan karya baru, orisinal dan bukan hasil jiplakan karya lain,” tegasnya.

Selain itu, video tidak boleh mengandung unsur yang bertentangan dengan peratudan perundangan yang berlaku di Indonesia. Khususnya kesusilaan, moral, mistik, SARA, kekerasan, serta tak mengandung unsur porgografi dan kampanye politik.

Materi video yang diikutkan lomba diserahkan dalam format MOV, AVI, MPED, atau MP4 dengan kualitas HD atau Full HD dan resolusi minimal 800 x 600 px.

Saat ini pendaftaran sudah dibuka hingga 23 Februari 2019. Pendaftaran sewaktu-waktu bisa ditutup jika kuota pendaftar sudah terpenuhi. Selanjutnya, peserta akan menjalani technical meeting yang rencananya digelar 27 Februari.

“Kemudian panitia akan mengunggah di kanal Youtube dan Instagram resmi Jawa Pos Radar Jember. Share ini menentukan juara favorit berdasarkan like dan view Youtube di setiap video peserta yang dilombakan,” terang Tri Joko.

Share media sosial dan Youtube ini akan dilakukan mulai 23 Maret 2019 sampai 21 April 2019. Sedangkan untuk pengumuman rencananya akan dilakukan akhir April 2019. “Biaya pendaftaran lomba hanya Rp 50 ribu,” tegasnya.

Kompetisi videografi promosi ini boleh diikuti oleh semua kalangan baik pelajar, mahasiswa, masyarakat umum, maupun kalangan profesional. Peserta bisa mendaftar atas nama perorangan atau tim, namun hanya boleh menyerahkan satu karya untuk dilombakan.

“Nantinya akan ada beberapa lokasi pengambilan video yang sudah ditentukan oleh panitia. Akan diberitahukan saat technical meeting,” paparnya.

Semua karya yang masuk akan dinilai oleh tim juri dan dicari 10 finalis yang akan mempresentasikan karyanya di kantor Jawa Pos Radar Jember. Video yang dilombakan akan menjadi hak cipta dan hak milik dari panitia dan sponsor serta dapat dipergunakan untuk kepentingan promo panitia maupun sponsor. (*)