Genbi Sosialisasi Keaslian Rupiah Kepada Siswa

KENALI KEASLIAN RUPIAH: Sosialisasi keaslian rupiah di SMKN 1 Jember.

RADARJEMBER. ID – Generasi Baru Indonesia (Genbi) menggelar sosialisasi dan edukasi kebanksentralan dan ciri keaslian uang rupiah, di SMK Negeri 1 Jember, Selasa (29/1/2019). Terlihat semangat dan antusias para siswa SMK Negeri 1 Jember saat sosialisasi dilakukan.

“Ini merupakan bentuk mengedukasi pelajar bagaimana membedakan mana uang yang asli dan tidak asli. Ini bentuk edukasi kebanksentralan sejak dini, ” ujar Ulfa Arifani, penanggung jawab kegiatan.

Dijelaskan, kegiatan tersebut juga diisi berbagai jenis hiburan, seperti main musik,  menyanyi,  dan game berhadiah.

Menurut Drs. H. Furqon Adi Sucipto MM,  Kepala SMK Negeri 1 Jember, sosialisasi keaslian rupiah ini sangat bermanfaat bagi para siswa. “Semoga materi yang disampaikan teman-teman mahasiswa membawa manfaat kepada siswa SMK Negeri 1 jember,” jelasnya.

Sementara itu, Halima Tussadiah,  salah seorang pemateri mengatakan, untuk materi mengenali  ciri keaslian uang rupiah disampaikan dengan cara rumus 3D, yaitu Dilihat, Diraba, Diterawang.

“Ciri keaslian uang tetap terjaga harus dirawat dengan menerapkan 5 J. Yaitu jangan Dicoret, jangan Diremas, jangan Distaples, jangan Dibasahi, dan jangan Dilipat,” jelasnya.

Dikatakan, Program Kerja Bijar (Genbi mengajar) ini rutin digelar setiap sebulan sekali dengan datang ke SD, SMP, maupun TPA yang berada didaerah pelosok atau terpencil di Kabupaten Jember.

Ulfa menjelaskan, harapan Genbi agar pelajar mampu  memahami mengenai fungsi dan tugas pokok Bank Indonesia dalam, hal mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. “Semoga dapat dimengerti oleh pelajar sehingga dapat  memelihara kestabilan nilai rupiah,” katanya. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Istimewa

Editor : Winardi Nawa Putra