PTS Aktif Ikuti Acara Kampus Expo di GOR Pelita Bondowoso

Minat Kuliah Semakin Tinggi

EDUKATIF: Sejumlah mahasiswa STIE Mandala Jember sedang melayani siswa SMA/SMK yang minta penjelasan tentang kampus dalam acara kampus Expo, di GOR Pelita Bondowoso.

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Ratusan mahasiswa asal Bondowoso yang tergabung dari berbagai komunitas mengadakan Kampus Expo 2019 di GOR Pelita, akhir pekan lalu (19/1). Kampus Expo bertujuan mengedukasi siswa SMA/SMK agar minat anak muda Bondowoso untuk kulian semakin tinggi.

Kampus Expo 2019 banyak diminati perguruan tinggi swasta (PTS) di Bondowoso dan sekitarnya. Termasuk sejumlah kampus swasta di Jember. Salah satunya STIE Mandala Jember. “Minat siswa SMA/SMK di Bondowoso untuk melanjutkan ke perguruan tinggi cukup tinggi. Buktinya Kampus Expo ramai. Termasuk stan kami STIE Mandala yang banyak dikunjungi siswa SMA/SMK yang datang ke kampus Expo,” kata Nanda Widaninggar, Dosen STIE Mandala  yang mendampingi mahasiswa di acara Kampus Expo.

Kampus Expo digelar mahasiswa asal Bondowoso dari berbagai PTN dan PTS untuk mendorong lulusan SMA, SMK, dan MA melanjutkan kuliah. Karena itu, tagline (jargon) yang diusung adalah ‘Kenali Kampus Impianmu’. Para mahasiswa membawa komunitas masing-masing. Mereka membawa informasi tentang kampus di mana mereka menimba ilmu. Mulai dari Bondowoso sendiri, Jember, Malang, Surabaya, Solo sampai Jogjakarta. “Ini inisiasi dari mahasiswa Bondowoso agar semakin banyak anak Bondowoso yang kuliah,” terang Syarifah, mahasiswa Universitas Jember (Unej).

Dijelaskannya, para siswa yang datang kebanyakan bertanya tentang pengetahuan kampus. Tentang prodi sampai biaya kuliah. Selain itu, mereka bertanya tentang pemuda Bondowoso yang kuliah di kampus tersebut. Tujuannya agar semangat kedaerahannya semakin kuat.

Berdasarkan pantauan Radarjember.id, ada lebih 25 perguruan tinggi yang bisa digali referensinya di Kampus Expo 2019. Selain itu, ada kegiatan seminar dengan menghadirkan para mahasiswa Bondowoso yang berprestasi. Seperti Adi Poernomo yang menjadi Duta IPB 2018 dan Finalis 2018 Asia Pacific Agricultural Student Summit and Undergraduate Student Project Competition di Taiwan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada Rizhaf Setyo Hartono, peraih beasiswa Salemba Empat serta peraih Gold Award International Invention and Innovative Competition Series II di Langkawi, Malaysia 2018. Juga peraih Gold Award The 9th Cyber International Genius Inventor Fair in Soul, Siuth Koerea 2018, dan masih banyak prestasi lainnya. (*)

Ferdi for Radarjember.id

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : Istimewa

Editor : Narto