Kawasan Ijen Terpadu Prioritas

22
INDAH: Blue Fire yang berada di kawah Ijen masih menjadi daya tarik kuat bagi ribuan wisatawan. Mereka ingin menikmati keindahan Blue Fire yang hanya ada dua di dunia.

RADARJEMBER.IDBlue fire yang berada di kawah gunung Ijen masih menjadi daya tarik utama bagi ribuan wisatawan yang berkunjung. Mereka rata-rata memang ingin menikmati blue fire yang hanya ada dua di dunia. Salah satunya di luar negeri. Tak heran, Kawah Ijen tetap menggoda bagi wisatawan.

Pemkab Bondowoso begitu antusias untuk menggarap kawasan wisata Gunung Ijen terpadu. Tidak hanya Kawah Ijen dengan bule fire-nya saja, tetapi juga Kawah Wurung yang juga begitu indah.

Adi Sunaryadi, kabid Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disperora) Bondowoso mengakui bahwa sektor pariwisata tetap menjadi prioritas pembangunan. “Sektor pariwisata tetap menjadi prioritas pembangunan karena potensinya besar,” kata Adi Sunaryadi kepada Jawa Pos Radar Ijen.

Oleh karena itu, Pemkab Bondowoso menganggarkan dana yang cukup besar pada tahun 2018 dan tahun 2019 ini. “Untuk 2019 ada anggaran melalui DAK sebesar Rp 1,7 miliar,” imbuhnya. Tak terkecuali tempat wisata lainnya seperti Kawah Wurung, Arak-Arak, dan Solor.

Dia menjelaskan, sebelumnya infrastruktur menuju tempat wisata tersebut sudah diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bonowoso. “Kalau untuk infrastruktur jalan digarap Dinas PUPR. Disparpora bagian pembangunan sarana dan prasarana seperti musala, toilet, tempat parkir, shelter, menara pandang, dan sarana penunjang lainnya,” ujarnya.

Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar juga menegaskan, Pemkab Bondowoso tetap akan memprioritaskan sektor pariwisata. Sebab, Bondowoso memiliki tempat wisata yang banyak dan menarik. Salah satunya kawah Gunung Ijen dengan blue fire-nya. Bahkan, Irwan menegaskan akan bersinergi dengan Kabupaten Banyuwangi dalam mengelola Kawah Ijen.

Selama ini, Kawah Ijen sering diklaim Kabupaten Banyuwangi ataupun Bondowoso. Sebab, Kawah Ijen memang berada di wilayah yang berbatasan dengan kedua kabupaten itu. “Pemkab Bondowoso tetap memprioritaskan bidang pariwisata,” kata Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar kepada Jawa Pos Radar Ijen.

Menurut Irwan, sektor pariwisata memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan. Sebab, tempat-tempat wisata di Bondowoso memang sungguh mengagumkan. “Banyak turis asing  yang berkunjung ke Kawah Ijen  dan sekitarnya, seperti Kawah Wurung,” imbuh ketua DPC PDIP Bondowoso tersebut.

Irwan berniat mengajak Pemkab Banyuwangi untuk bersinergi guna mengelola wisata Gunung Ijen. “Saya sudah hubungi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Akan lebih baik jika Bondowoso dan Banyuwangi bersinergi untuk mengelola wisata gunung Ijen,” ungkap mantan wakil ketua DPRD Bondowoso tersebut.

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : Istimewa

Editor : Narto