Mahasiswa Dilatih Pengendalian Hama

PELATIHAN: Mahasiswa mendapat pelatihan pengendalian hama.

RADAR JEMBER.ID – Puluhan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Moch Sroedji Jember mengikuti pelatihan pengendalian hama, Sabtu (12/1-2019) bertempat di Aula H. Moch Soepono,

Kegiatan itu wajib diikuti oleh mahasiswa sebelum mereka lulus dari kampus tersebut. Hadir pada pelatihan tersebut, Kukuk Tri Wahyunigtyas, STP, UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang Lembaga Tembakau (SMBLT) Jember, Ir.Moh.Ardani, MT Dekan Fakultas Pertanian Universitas Moch Sroedji Jember dan Ir.Sumiarjo Kiswondo, MP selaku ketua panitia pelatihan tersebut.

Dalam penjelasannya, Kukuk Tri Wahyunigtyas dari Lembaga Tembakau Jember mengatakan, fumigasi atau pengendalian hama menggunakan pestisida sangatlah dibutuhkan agar produk pertanian pasca panen tidak terserang hama.

“Tanpa fumigasi, maka produk hasil pertanian akan rusak terserang hama dan tidak bisa diekspor. Karena itu, fumigasi perlu dilakukan untuk menjamin kualitas produk hasil pertanian,” jelasKukuk.

Sementara itu, Moh Ardiani, Dekan Fakultas Pertanian Moch Sroedji Jember menegaskan, pelatihan ini merupakan kompetensi untuk mahasiswa, agar mereka bisa memberikan perlakuan khusus terhadap produk hasil pertanian agar aman dari serangan hama.

“Pasca pelatihan ini mahasiswa mendapatkan tambahan ilmu bagaimana mengatasi produk hasil pertanian, karena fumigasi atau pengendalian hama menggunakan pestisida tidak boleh dilakukan secara sembarangan,”tegas Ardani.

Sementara itu, Sumiarjo Kiswondo, Ketua panitia pelatihan mengungkapkan, pelatihan itu bertajuk proteksi produk pertanian di bidang fumigasi (metode pengendalian hama menggunakan pestisida.

Di bagian lain, Didik Saptono, salah seorang peserta pelatihan itu menerangkan, pelatihan pengendalian hama mengunakan pestisida sangatlah bermanfaat bagi mahasiswa, Apalagi diperuntukan produk hasil pertanian sebelum diekspor ke luar negeri.  (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Winardi Nawa Putra