Dispendik  Kumpulkan Penerima

Dana PPG Sah Digunakan

AKHIRNYA CAIR JUGA: Para penerima dana PPG dari sekolah negeri dan swasta di sela-sela mengikuti BIMTEK di aula Dispendik Jember.

RADAR JEMBER.ID – Dinas Pendidikan Jember menegaskan, dana Program Pendidikan Gratis (PPG) sudah bisa digunakan. Hal itu setelah koordinasi dengan Bank Jatim. Tak perlu menyampaikan persoalan itu kepada Inspektorat.

Plt Kadispendik Jenber Edi Budi Susilo menjelaskan kronologi dana PPG 2018 yang masuk ke rekening penerima. Berdasarkan keterangan Bank Jatim, uang tersebut sudah ditransfer ke rekening sekolah tanggal 31 Desember 2018.

“Namun, karena jumlah transaksi transfer sangat banyak dan tanggal 1 Januari hari libur, transaksi ter-pending,” jelasnya. Sehingga, baru masuk rekening sekolah tanggal 2 Januari. Namun, secara administrasi, semua persyaratan sudah diselesaikan tanggal 31 Desember lalu.

Penggunaan dana dinilai tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari, karena seluruh syarat administrasi sudah diselesaikan di akhir tahun. Edi juga mengaku sudah menyosialisasikan hal tersebut kepada seluruh kepala sekolah.

Para penerima dana PPG tersebut, mulai dari negeri hingga swasta, dikumpulkan di aula Dispendik Jember. Mereka mengikuti kegiatan bimbingan teknis (bimtek) pelaporan dana PPG.  “Itu kan sudah cair, SPG atau laporan pertanggungjawaban sampai akhir Januari,” tuturnya.

Para penerima itu dikumpulkan dan dilatih untuk diberi tambahan arahan. Mereka diajari membuat SPG yang benar. Itu agar tidak ada keterlambatan SPG atau kesalahan dalam penyelesaian SPG. (*)

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer : Bagus Supriadi

Editor : Hadi Sumarsono