Pengedar dan Pengguna Sabu Diringkus

DIPERIKSA INTENSIF: Tersangka Ikang Fauzi (kaos putih) menjalani permeriksaan di ruang penyidik Reskrim Polsek Sumbersari akibat mengedarkan sabu-sabu.

RADAR JEMBER.ID – Polres Jember terus menunjukkan keseriusannya untuk memberantas peredaran Narkoba. Saat ini, Unit Reskrim Polsek Sumbersari meringkus dua orang yang diduga kuat menjadi pengedar dan pengguna Narkoba jenis sabu. Kedua orang ditangkap anggota Reskrim di lokasi dan waktu yang berbeda.

Keduanya adalah Muhammad Dany Ilhamsyah, 24, warga Jalan Yos Sudarso Lingkungan Gempal, Kelurahan Wirolegi, Kecamatan Sumbersari. Sementara Ikang Fauzi, 38, warga Dusun Krajan, Desa Suco, Kecamatan Mumbulsari yang diduga sebagai pengedar.

Pertama yang ditangkap anggota Reskrim yakni Muhammad Dany Ilhamsyah, 24. Awalnya, petugas mendapat informasi bahwa akan ada orang pesta sabu di salah satu hotel di kawasan Jember, pada Sabtu (05/01) lalu, sekitar pukul 18.00 WIB. Informasi itu pun ditindaklanjuti dan petugas langsung menggeledah salah satu kamar di hotel tersebut.

Dalam penggeledahannya, petugas berhasil menyita sejumlah barang bukti. Diantaranya satu klip sabu dengan berat 0,35 gram serta bungkus rokok. Kepada petugas, tersangka Dany mengaku saat itu dia mengkonsumsi sabu dengan seorang temannya berinisial EC. Namun, EC keluar terlebih dulu sebelum akhirnya petugas menggerebek kamar yang ditempati Dany.

Saat ditanya asal usul barang itu, Dany mengaku membeli dari tersangka Ikang Fauzi. Dua hari kemudian, Ikang Fauzi berhasil ditangkap petugas saat sedang berada di pinggir jalan tak jauh dari rumahnya. Barang bukti yang berhasil diamankan dari tangannya adalah sabu seberat 1 gram, dan sebuah ponsel.

Kepada petugas, Ikang Fauzi mengaku bertransaksi jual beli sabu dengan tersangka Dany melalui ponsel. Sabu itu dijual dengan harga Rp 1,4 juta untuk satu gram-nya. Dari penjualan itu, tersangka mengaku mendapat keuntungan Rp 300 ribu. Setelah harga sepakat, mereka kemudian berjanji di satu tempat untuk menyerahkan uang dan barang tersebut.

Kapolsek Sumbersari Kompol Faruk Mustafa Kamil, membenarkan penangkapan itu. Pihaknya saat ini masih mengejar dua orang yang diduga kuat terlibat dalam kasus tersebut. “Kita sedang memburu EC teman dari tersangka Dany. Sementara satu lagi yang kita buru adalah B, yang diduga pemasok sabu kepada tersangka Ikang Fauzi,” jelas Faruk.

Pihaknya mengimbau kepada warga yang mengetahui terjadinya transaksi dan ada pesta sabu untuk melporkan kepada anggota. ”Yang jelas, untuk wilayah hukum Polsek Sumbersari akan terus memberantas peredaran narkoba,” pungkasnya. (*)

Kapolsek Sumbersari for Radarjember.id

Reporter : Jumai

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono