Pesan Bupati di Pelantikan Pejabat Eselon IV

Pegawai Dilarang Bermuka Dua

45
SEREMONIAL PELANTIKAN: Sejumlah pejabat eselon IV yang baru dilantik oleh Bupati Faida terlihat tegang. Maklum saja, mereka baru pertama kali ada di posisi tersebut. Sebelumnya, para pejabat ini adalah pegawai pelaksana.

JEMBER KOTA – Baru-baru ini, Bupati Jember Faida telah dua kali melantik pejabat administrator dan pengawas di lingkungan pemkab setempat. Kali ini, sebanyak 40 pegawai yang mayoritas sebelumnya adalah pegawai pelaksana, dilantik menjadi pejabat eselon IV. Pengukuhan ini berlangsung di Pendapa Wahyawibawagraha (7/1).

Dalam pelantikan Faida mengatakan, jabatan yang baru ini merupakan amanah yang harus dijalankan secara sungguh-sungguh. Karena amanah, maka jabatan yang diemban masih bisa dievaluasi kembali, dan ditempatkan pada posisi yang baru. Ini bukan hanya karena pegawai tersebut bermasalah, tapi juga adanya pertimbangan tertentu terkait peluang dan potensi yang lebih baik.

Selain itu, Faida juga mewanti-wanti agar para pejabat yang baru dilantik pada eselon IV ini melayani masyarakat dengan tulus, dan menjalankan komitmen tegak lurus. Dia berpesan, para pegawai jangan pernah bermuka dua dalam pekerjaan, dan melaksanakan sesuai dengan tugas serta fungsinya.

“Apa adanya saja. Jangan menyembunyikan program-program, mempermainkan program pusat, apalagi menghambat program,” tegasnya.

Tak hanya kepada pegawai yang baru dilantik saja, Faida juga menitipkan kepada pejabat senior di lingkungan Pemkab Jember untuk membantu pejabat yang baru dilantik. Sebab, mereka baru pertama menduduki eselon IV, sehingga butuh penyesuaian dengan lingkungan kerja baru tersebut.

Dia juga meminta, jangan sampai ada perbedaan hingga menimbulkan kesenjangan senior-junior. Dikhawatirkan, munculnya kesenjangan ini justru kontra produktif. Untuk itu, dia mengimbau agar problem senior-junior disikapi dengan bijak. Karena menurutnya, semua orang pernah menjadi pemula. “Semua orang pernah menjadi junior. Semua orang juga pernah menjadi yang pertama kali mencoba,” katanya.

Lebih lanjut Faida menerangkan, puluhan pejabat yang dilantik ini, merupakan hasil asesmen yang dilakukan terhadap 200 pegawai pelaksana. Mereka yang dikukuhkan telah dinyatakan lulus evaluasi kinerja selama menjadi pelaksana. Tak hanya itu, ada juga pejabat lama yang dilantik kembali dengan posisi berbeda. “Paling banyak perubahan adalah jabatan yang mengurusi bagian umum dan kepegawaian,” paparnya.

Kemudian, para pejabat lama yang di-rolling ke dinas lain yang berbeda bertujuan untuk memberi kesempatan agar mereka lebih matang. Faida berharap, mereka lebih menghargai tugas di dinas lain, serta bisa menjalin sinergi dan kerja sama yang lebih baik lagi. “Karena sejatinya tidak ada satu pun OPD (organisasi perangkat daerah) yang berdiri sendiri tanpa butuh keterlibatan pihak lain,” tandasnya. (*)

Reporter : Mahrus Sholih

Fotografer : Humas Pemkab Jember for Radarjember.id

Editor : Hadi Sumarsono