”New year is the beginning of anything you want,” - Anonymous

The Journey Starts Here

HAPPY new year, fellas! Ibarat membuka lembaran baru, 365 di tahun ini adalah halaman kosong yang siap untuk ditulis. Tentu, kita sudah menyiapkan resolusi di tahun ini. Well, do you have resolution for 365 days ahead?

13

How to Achieve Your Goals

2018 is already over. Pernah bikin wishlist di tahun lalu, tapi nggak kesampaian? Tahun ini resolusimu nggak boleh gagal lagi ya! Simak tip berikut ini, yuk!

Know Yourself

Ngaku deh siapa yang sering banget terpengaruh sama orang? It’s a big no if you wanna make a resolution. Kalau kamu bikin resolusi karena terpengaruh atau pengin punya kehidupan seperti orang lain, it doesn’t works. Akhirnya, ketika keinginanmu itu hilang, resolusimu pun berlalu begitu aja. So, ketahui apa yang kamu butuhkan dan apa yang sebenarnya harus kamu ubah dan raih.

Don’t Make Too Much

Kesalahan yang umumnya terjadi nih, terlalu asyik bikin resolusi, sampai-sampai nggak menyadari kapasitas kita buat mewujudkannya! We may seems too excited, tapi kita juga perlu menyortir, mana sih resolusi yang paling urgen dan harus terwujud di tahun ini. Terlalu banyak resolusi justru bikin kita nggak fokus dan akhirnya banyak impian yang terbengkalai! Whoops!

Put Sticky Notes Everywhere!

Kadang, resolusi kita timbul-tenggelam seiring kesibukan kita. Alhasil, mendekati akhir tahun, kita baru sadar kalau masih banyak impian yang belum terwujud. Well, kamu tetap bisa menyiasatinya, kok! Caranya mudah, buat resolusimu di atas sticky notes warna-warni, lalu tempelkan di seluruh kamarmu. Taruh di ranjang, di dekat cermin, sampai di atas meja belajar pun boleh-boleh aja. Alhasil, kita bakal selalu ingat deh!

Tell People about Your Wish

The last way: tell your family and friends about your wish. Sampaikan resolusimu kepada mereka dan minta mereka buat mengingatkan kalau sewaktu-waktu kamu lupa. Misalnya, goals di tahun ini adalah avoid junk food. Minta sahabatmu buat ngingetin ya kalau tiba-tiba kamu lupa! Memberi reward and punishment pun sah-sah aja kok demi mewujudkan harapanmu. (*)

#RESOLUSI2019

Menurunkan berat badan, menambah tinggi badan, lebih mengurangi malas, dapat nilai yang lebih baik lagi, daann yang paling pingin dicapai itu menentukan mau melanjutkan di universitas mana, dan semoga aja nanti bisa tercapai masuk di universitas yang udah bener-bener diinginkan! (ALVINA SHINTA DEWI, SMAN 1 JEMBER)

Memperbaiki hafalan dan semoga bisa lebih dari dua juz, memperbanyak bahasa dan memperbaikinya, mengubah sifat yang jelek menjadi lebih baik (PRAMUDITA DYAH KARUNI INDONESIA)

Tahun baru ini harapan-harapan yang lalu tak luput bisa terlanjutkan di tahun ini, bisa hafal lebih dari satu jus, jadi pribadi yang lebih baik. Revolusi untuk diri ini adalah lebih semangat, peka, juga terhindar dari malas untuk ikut even lomba yang akan dan serta sedang dilaksanakan (BALQIS FAULIA SHOFA, MAN 1 JEMBER)

Semoga tambah tinggi dan tubuh ideal supaya bisa masuk Paskab, menjadi pribadi yang lebih baik dari yang sekarang, bisa banggain orang tua dalam segala hal, tercapai cita-citanya, selalu ceria, lebih aktif dalam segala hal, menjadi pribadi yang disiplin, tanggap, dan berpikir kritis serta positif. Yang paling penting menjadi orang yang beruntung dan menguntungkan (ALFIN HIDAYATUL MUKARROMAH, SMA PAHLAWAN JEMBER)

Enaknya Bikin Resolusi Apa?

BANYAK resolusi yang nggak terealisasi karena sekadar dibuat untuk seru-seruan aja. Padahal, isinya bukan hal yang layak diprioritaskan. Parahnya lagi, resolusi nggak dibuat berdasar kesalahan di tahun sebelumnya.  Tapi, jangan takut. Take the quiz and make your own!.

Apa sih penyesalan terbesarmu tahun ini?

  1. Jarang ngabisin waktu bareng keluarga karena sibuk dengan urusan pribadi
  2. Kebanyakan main game, terus nilai jadi jeblok
  3. Boros atau lemah kalau melihat barang-barang diskonan

Akun yang kaya gimana yang paling banyak kamu follow di media sosial?

  1. Selebgram
  2. Akun receh
  3. Akun gosip

Tempat yang paling bikin kamu nggak betah lama-lama?

  1. Rumah
  2. Sekolah/universitas
  3. Taman

Menurutmu, apa sih yang yang sebenarnya sederhana banget, tapi malas kamu lakuin?

  1. Curhat masalah percintaan sama ortu, malu aja sih gitu
  2. Belajar bareng teman, karena jadinya malah bercanda terus, ada juga yang emang nggak niat belajar
  3. Membuang sampah pada tempatnya, ya karena jauh sih tempat sampahnya

Di galeri HP-mu, foto apa yang paling menuh-menuhin memori?

  1. Foto bareng keluarga
  2. Foto catatan pelarajaran dari papan tulis atau tulisan teman
  3. Wallpaper pemandangan alam yang ada quote-quote favorit

Kalau dikasih kesempatan buat liburan ke suatu tempat yang indah tapi terpencil, apa sih yang harus kamu bawa?

  1. Teman-teman dong, mana seru liburan sendirian
  2. Game dong, bisa mati gaya di sana kalau diam-diam aja
  3. Cukup kamera buat foto-foto pemandangan

Lagu apa yang pas jadi soundtrack hidupmu setahun belakangan?

  1. Thank u, next – Ariana Grande
  2. Zona nyaman – Fourtwnty
  3. Ddu-du-du – Blackpink

Let’s check!

Mosty A: Utamakan Keluarga

Kamu mungkin terlalu sibuk dengan urusan sendiri setahun belakangan, tapi kamu harus menyadari peran keluarga dalam hidupmu. Nggak ada salahnya loh kamu menyisihkan waktumu untuk berkumpul, bertukar cerita, dan menyampaikan keluh kesah. Kamu bisa mulai dengan membuat jadwal kumpul atau liburan bareng keluarga untuk lebih dekat dengan mereka.

Mostly B: Pendidikan adalah Koentji

Mungkin kamu harus lebih memperhatikan pendidikan. Psst, sah-sah aja loh kalau kamu ingin menyenangkan diri sendiri, tapi kamu harus memperhatikan masa depanmu juga ya. Sebab, pendidikan adalah salah satu hal penting yang tidak boleh kamu abaikan. Tetapkan target nilai yang harus kamu capai, imbangi dengan kerja keras juga.

Mostly C: Mari Cintai Lingkungan

Hayo, tahun kemarin banyak mengabaikan hal-hal terkait lingkungan ya? Suka membuang sampah semabarangan, merusak tanaman, dan sebagainya. Mungkin mulai tahun ini kamu harus lebih menyadari peranmu di lingkungan. Kamu bisa mulai melakukan hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempahnya, tidak menggunakan sedotan plastik, dan sebagainya. Kamu juga bisa ikut kegiatan komunitas pencinta alam kok. Ubah mindset, yuk. Bumi juga perlu disayang seperti doi. Hehehe. (*)

Reporter : Lintang Anis Bena Kinanti

Fotografer : Lintang Anis Bena Kinanti

Editor : MS Rasyid