Tarif PDAM Bakal Disesuaikan

18
MELAYANI: Salah seorang pegawai PDAM Jember memberi layanan kepada konsumen

RADAR JEMBER.ID – Setetes air sangat penting untuk kelangsungan hidup siapa pun. Untuk itu, penggunaan air seperlunya adalah pilihan paling bijak. Apalagi, tarif air pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Jember rencanannya akan ada penyesuaian, per Februari 2019 ini.

Rencana penyesuaian tarif itu disampaikan Imam Yahya, Kabag Langganan PDAM Jember, kemarin (7/1). “Penyesuaian tarif rencananya akan berlaku mulai pembayaran rekening air bulan Februari 2019,” ujar Imam Yahya yang juga menjadi Humas PDAM Jember itu.

Penyesuaian tarif PDAM, menurut Yahya akan dijelaskan langsung oleh Direktur PDAM. “Ada kelompok dan golongan yang tarifnya berbeda-beda. Misalnya ada kelompok sosial umum 1, 2, dan 3, akan berbeda dengan kelompok sosial khusus 1, 2, dan 3. Ada rumah tangga 1, 2, dan tiga. Ada niaga kecil, sedang, industri kecil, pemerintah, serta niaga besar,” ungkapnya.

Yahya menegaskan, rencana penyesuaian tarif tersebut akan disampaikan oleh Direktur PDAM. “Rencananya akan digelar raker di GOR. Khusus penyesuaian bisa langsung kepada direksi,” tegasnya.

Imam Yahya berharap, warga Jember bisa memanfaatkan air sebaik mungkin. Sebab, setetes air sangat penting untuk kelangsungan hidup siapa pun. “Kami mengimbau, gunakan pemakaian air seperlunya. Kemudian, jangan telat bayar karena kebijakan saat ini, dua bulan telat akan ada peringatan dan masuk di bulan ketiga, maka akan dilakukan pemutusan sambungan PDAM,” pungkasnya.

Sementara itu, Hariyadi, salah satu warga Kaliwates berharap, adanya rencana penyesuaian tarif PDAM diimbangi dengan kinerja yang baik.

“Kalau ada perubahan tarif, menurut saya harus diimbangi dengan pelayanan yang baik. Kalau ada yang tersumbat, sebisa mungkin langsung ditangani,” harapnya. (*)

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Nur Hariri

Editor : Hadi Sumarsono