Sukses Kembangkan Budi Daya Jamur Tiram di Lingkungan Karang Tengah

PELUANG BISNIS" Miftahul Mujayidin berhasil mengembangkan jamur tiram di Lingkungan Karang Tengah.

RADARJEMBER.ID – Mengembangkan budi daya jamur tiram di lingkungan Karang Tengah, kelurahan Antirogo, itulah yang dilakukan Miftahul Mujayidin atau yang akrab dipanggil Didin ini.  Pemuda yang baru menyambet gelar sarjana sastra di Universitas Jember (Unej) tahun 2017 ini, sukses kembangkan budi daya jamur tiram.

Gudang budi daya jamur tiram ini berada di jalan Serma Moch. Ahdar, Lingkungan Karang Tengah No. 141 Antirogo Jember. Ini merupakan budi daya pertama di daerah tersebut. Budi daya jamur tiram, menurut Didin, kini cukup menjanjikan.

“Budidaya jamur tiram di daerah Antirogo terbilang baru karena mayoritas warga bekerja sebaga petani. Jadi potensi ke depan bagus,” jelasnya. dijelaskan, saat ini, permintaan jamur di Kota Jember cukup tinggi. “Harganya juga stabil. Meski pernah beberapa tahun lalu harga jamur di pasar sempat anjlok,”Jelasnya, Senin(7/1/2019).

Dalam menjalankan budi daya hingga sukses, dia tidak hanya sendiri, tapi bersama teman-temannya. Didin mengaku, dia masih baru menekuni usaha budi daya jamur tiram. Meski terbilang baru, keuntungan yang didapatkan sudah terlihat.

“Harga sangat stabil, yakni Rp 15 ribu per kilogram. Itupun untung yang didapatkan sudah lumayan banyak,” ujarnya. Didin menjelaskan, baglock jamur tiram dibeli di daerah Gumukmas Jember. “Itu karena kualitas jamur yang bagus dan tumbuh dalam keadaan bobot yang tinggi . (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Winardi Nawa Putra