Lampaui Target Medali, Perbanyak Tampil untuk Perbaiki Peringkat

Melihat Prestasi Petenis Jember Sepanjang Tahun 2018

Tenis lapangan masih bisa bicara di berbagai pentas kejuaraan. Sepanjang tahun 2018, banyak prestasi yang ditorehkan atletnya. Mereka ingin, tahun ini lebih baik lagi. Seperti apa upayanya?

BERPRESTASI: Di tahun 2018, total 70 medali yang diraih oleh petenis junior Jember. Mereka seakan tak henti-hentinya meraih prestasi dan memperbaiki peringkatnya.

RADAR JEMBER.ID – Eksistensi Persatuan Lawn Tenis Indonesia (Pelti) Jember di tahun 2018 bisa dibilang terus mencetak atlet-atlet berprestasi. Buktinya, dalam setahun mulai bulan Januari sampai Desember 2018, total sudah 70 medali yang diraih oleh para atlet junior tenis lapangan.

Sumbangan 70 medali tersebut dari 18 petenis muda yang sudah mengikuti 19 kejuaraan selama tahun 2018. Sedangkan untuk atlet senior atau veteran, di 2018 mereka juga meraih lima medali dari empat turnamen yang diikutinya.

“Kalau di tenis, kami ikut di turnamen yang diakui oleh Pelti Pusat, Turnamen Diakui Pelti (TDP). Jadi, memperebutkan ranking (peringkat, Red) nasional untuk atlet itu sendiri. Kalau Kejurda atau Kejurprov itu tidak memperebutkan ranking,” tutur Soetriono, ketua umum Pengkab Pelti Jember, kemarin.

Beberapa kejuaraan yang diikuti petenis dari Pelti Jember di 2018, antara lain Kejurnas Unej Cup 4, Kejurnas Tulungagung TDP, Popda Jawa Timur, Persami Master, Wijoyo Internasional, Kejurnas Wali Kota Surabaya, dan Kejurnas Detec Open.

Apabila atletnya tidak mengikuti turnamen yang diadakan Pelti Pusat, TDP tersebut akan berdampak pada peringkat sang atlet. Dia mencontohkan atletnya bernama Sultan Kahfi Delon. Sebelumnya, Delon bisa berada di peringkat enam nasional U-14. Karena dia absen di kali turnamen, akhirnya melorot ke peringkat sembilan. Tetapi, Delon berhasil memperbaiki peringkatnya setelah berhasil menjuarai beberapa turnamen, dan naik ke peringkat lima.

“Evaluasi kami sesuai dengan analisis Binpres. Kami sudah melampaui target. Dari 55 medali, ternyata sudah mendapat 70 medali, untuk yang junior saja. Juga ada peningkatan jumlah keikutsertaan turnamen,” ujar Soetriono.

Sama halnya dengan atlet senior. Di tahun 2018 juga ada peningkatan dalam perolehan medali serta keikutsertaannya dalam turnamen bergengsi.

“Untuk tahun depan masih kami rapatkan lagi sesuai dengan muscab (musyawarah cabang) akhir Januari ini. Apalagi kepengurusan Pelti Jember yang sekarang akan berakhir pada bulan Maret mendatang. Akan kami paparkan hasil perolehan kami selama empat tahun terakhir,” imbuhnya.

Namun, sebelum muscab tersebut, Pelti Jember juga akan ikut dalam Musyawarah Provinsi (Musprov) Jawa Timur pada tanggal 19 Januari besok. Guna mendapatkan informasi, dan akan disosialisasikan kepada Pengkab Pelti Jember.

“Di tahun 2019 juga tidak semua kejuaraan kami ikuti. Tentunya tetap kami pilih-pilih lagi. Mana kejuaraan yang punya bobot tinggi, itu yang kami ikuti,” pungkas Soetriono. (*)

PELTI JEMBER for RADARJEMBER.ID

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono