Rekrut Generasi Baru Marching Band

28
SEMANGAT: Sejumlah pelajar SMP, SMA, dan mahasiswa belajar marching band bersama di gedung eks BHS, samping penjara Jember.

RADAR JEMBER.ID – Nama marching band tentu tidak asing bagi warga Jember. Drumband yang senantiasa mengambil bagian di acara Jember Fashion Carnaval (JFC) terus eksis. Tumbuh kembangnya Marching Band JFC tidak lepas dari pemain baru alias generasi penerus.

Sejumlah generasi baru Marching Band JFC melakukan latihan dasar di gedung eks BHS, samping penjara Kabupaten Jember, kemarin (6/6). Mereka dilatih untuk belajar menabuh, meniup, belajar basic marching, dan yang lainnya.

Pelatih Marching Band JFC, Indra menjelaskan, generasi baru tersebut merupakan hasil dari rekrutmen awal setelah pelaksanaan JFC 2018 lalu. “Generasi baru ini mulai dari SMP, SMA, mahasiswa, dan umum. Karena masih baru, maka latihannya dipisahkan dengan yang sudah mahir,” katanya.

Menurut Indra, untuk generasi baru perlu pembelajaran dasar serta pembinaan. Mereka pun diajari cara bermain mulai tahap dasar. “Kita ajarkan mengenali not, cara menabuh, dan materi-materi dasar. Makanya belajarnya tidak dikumpulkan dengan yang sudah bisa, agar mereka cepat bisa,” ungkapnya.

Belajar drumband, menurut Indra tidak ada yang sulit. Para generasi baru harus semangat belajar dan punya kemauan tinggi. Apabila semangat dan kemauannya ada, maka generasi baru akan mahir paling cepat sekitar 3 bulan.

“Satu pekan dua kali belajar sudah bisa mahir. Akan tetapi, jika ada yang ketinggalan materi atau belajarnya malas, maka butuh waktu lebih lama lagi. Generasi baru ini baru akan dikumpulkan dengan pemain yang sudah mahir apabila mereka sudah menerima materi yang sama,” tegasnya.

Latihan untuk generasi Marching Band JFC hasil rekrutmen awal, menurutnya sudah hampir mahir. Untuk itu, Indra mengungkap bahwa sejak Januari ini juga membuka pendaftaran bagi pelajar SMP, SMA, mahasiswa, dan umum untuk menjadi pemain marching band.

Rekrutmen Marching Band JFC menurutnya menjadi bagian penting agar Jember terus memiliki kebanggaan di kancah nasional dan internasional. “Setiap tahun ada rekrutmen untuk membangun generasi baru. Untuk tahun ini, rencananya akan ada 80 sampai 120 pemain yang terlibat di Marching Band JFC nanti. Jika ada yang mau daftar, bisa langsung ke sekretariat di Eks BHS atau di kantor,” jelas Indra.

Sementara itu, Fiqih Faris R, salah seorang mahasiswa Unej mengaku senang bisa belajar bersama pemain lain yang sebelumnya belum dia kenal. “Yang jelas kami senang sekali. Kami bisa belajar dan bisa menggunakan alatnya. Banyak teman dan pengalaman lebih,” katanya. (*)

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Nur Hariri

Editor : Shodiq Syarief