Asosiasi UMKM Promosi Produk Lewat Media Visual

BERALIH KE VIDEO. Produk UMKM kini dipasakan melalui video. Hal ini untuk menggugah ketertarikan calon konsumen.

eni Visual Dikenalkan Kepada Produsen UMKM
RADAR JEMBER .ID – Salah satu cara mempromosikan produk adalah melalui konten marketing visual, seperti video. Maka dari itu, Asosiasi UMKM Jatim Pengda Jember melakukan kemitraan bersama Enigma Picture mengadakan kegiatan seni visual produk, Sabtu (5/12/2019) bertempat di Mie Rembangan Jalan Brawijaya Jember.

Menurut Heru Wicaksono, Owner Mie Rembangan, sekaligus pengurus bidang peningkatan SDM dan pendidikan UMKM Jatim Pengda Jember menjelaskan, acara ini kali pertama diadakan.

“UMKM Jatim Pengda Jember sengaja mengundang 40 produsen UMKM untuk mengikuti seni visual ini. Pasca mengikuti seni visual tersebut, diharapkan produk mereka bisa lebih dikenal melalui visualisasi video,” jelas Heru.

Dikatakan oleh alumni Politeknik Negeri Jember itu, selama ini produsen UMKM, ketika memasarkan produknya, lebih mengandalkan tenaga marketing dan menampilkan foto melalui media sosial seperti facebook dan instagram.

“Cara seperti itu di era teknologi digital kurang menarik. Karena itu, sudah saatnya produsen UMKM berpindah ke video untuk memasarkan produk,” kata Heru.

Sementara itu, Muhammad Fathul Huda, salah seorang pegiat online Jember mengungkapkan, cara memasarkan produk melalui konten marketing salah satunya adalah video visual. Paling tidak bisa mengenalkan merek dengan cara lebih menarik lagi kepada calon konsumen.

“Konten marketing merupakan sebuah kebutuhan, meskipun membutuhkan biaya tambahan. Untuk Kabupaten Jember sendiri, produsen UMKM mulai melirik konten marketing ini,” ungkap Huda.

Agriyani Putra, salah seorang pengusaha kopi drip Jember memaparkan, selama ini mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jember sudah menggunakan konten marketing, meski buatan sendiri.

“Saya selama ini membuat konten marketing sendiri menggunakan android. Namun tidak bisa membuat desain lebih menarik lagi karena keterbatasan perangkat android,” ujar Riyan. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Winardi Nawa Putra