Kami Hanya Ingin Nomor Beregu Bisa Main di Porprov

Obsesi Anggar, Cabor yang Seperti Terpinggirkan

Sebagai salah satu cabang olahraga nonpopuler, anggar harus berjuang agar tetap eksis. Apalagi, bibit-bibit muda di Jember lumayan banyak. Mereka pun sudah intens latihan di bawah kendali Pengkab Ikas Jember.

RUTIN LATIHAN: Atlet Anggar Jember dalam sesi latihan rutin. IKASI Jember terus membina seluruh atletnya.

RADAR JEMBER.ID – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2019 tinggal enam bulan lagi. Porprov 2019 nanti akan digelar di empat kabupaten. Yakni Bojonegoro, Tuban, Gresik, dan Lamongan. Namun, hingga kini beberapa kategori di cabang olahraga (cabor) masih belum di-ACC untuk dipertandingkan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur.

Seperti kategori beregu di cabor anggar. Dalam pertemuan tanggal 29 Desember lalu di Surabaya, Perwakilan Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) setiap Pengkab di Jawa Timur diminta hadir. Dalam agenda, rapat membahas keikutsertaannya kategori beregu anggar dalam Porprov 2019.

Dalam pertemuan tersebut, total ada 16 Pengkab IKASI yang diundang. Namun, yang hadir hanya 12 Pengkab saja, termasuk Jember. Pengkab yang lainnya tidak hadir karena sudah mengajukan izin.

“Dalam pertemuan tersebut, kami membahas untuk Porprov 2019. Kami ingin kategori beregu putra dan putri dengan tiga senjata dapat dipertandingkan,” ujar Siti Chotijah Okiek, sekretaris IKASI Jember.

Sebelumnya, laporan dari tiap-tiap Pengkab IKASI belum memenuhi kuota untuk kategori beregu. Nantinya, setiap Pengkab diminta harus memberi laporan kepada IKASI Jatim, serta mengajukan keikutsertaan kategori beregu kepada KONI masing-masing kota/kabupaten tersebut.

“Dari IKASI Jember sendiri, nantinya saya akan membuat data dan laporan. Juga bakal mengajukan ke KONI Jember,” imbuh Okiek kepada Jawa Pos Radar Jember.

Sementara itu, untuk kategori perorangan atau individu sudah mendapat lampu hijau dari KONI Jatim untuk dipertandingkan di Porprov 2019 mendatang. Dengan tiga senjatanya, yakni sabel, degen, dan floret. (*)

IKASI JEMBER for RADARJEMBER.ID

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Hadi Sumarsono