IM Festival dengan Format Setengah Kompetisi

Bangun Karakter Anak Lewat Sepak Bola

KAMPIUN JUARA: Tim Anak Manja berhasil menjadi jawara di Indonesia Muda Festival U-12. Juara dua diraih oleh Tanggul Putra, dan posisi ketiga ditempati Garuda Muda.

RADAR JEMBER.ID – Pembinaan pesepak bola usia muda di Jember masih terus bergeliat. Seakan, penggiat sepak bola Jember terus ingin memoles bakat-bakat pemain junior, untuk menjadi pesepak bola andal ke depannya. Mulai usia dini, skill mereka terus diasah. Salah satunya dengan menggelar beberapa turnamen.

Seperti turnamen yang digelar salah satu tim internal Indonesia Muda (IM) Tanggul, Jember, yakni Indonesia Muda (IM) Festival Competition U-12. Turnamen dengan format saling bertemu atau sistem setengah kompetisi ini berlangsung akhir Desember lalu. Turnamen ini digelar di stadion Tanggul, setiap hari Minggu pagi. Total 11 tim ambil bagian.

Juga ada beberapa pertandingan ekshibisi, seperti 4 lawan 4 pemain U-18 dan U-10, 7 lawan 7, dan parents challenge. Serta di setiap minggunya ada gelar pelatih terbaik, pemain terbaik, dan pemain fair play.

“Target kami membina, bukan tentang kalah menang. Tetapi membina adalah tentang memberi kesempatan bermain anak. Agar mereka berkembang dan berprestasi dengan kompetisi yang benar,” ujar Hendri Puji, salah satu panitia Indonesia Muda.

Hendri menambahkan, tujuannya dalam festival kali ini membina pesepak bola junior agar dapat meraih prestasi, juga membangun karakter anak melalui sepak bola. “Selain itu, kami juga memberikan jam terbang dan mengasah mental bertanding mereka, dengan format kompetisi yang baik,” imbuh mantan pemain Persebaya dan Deltras Sidoarjo ini.

Akhirnya, dalam festival kali ini, tim Anak Manja keluar sebagai kampiun. Disusul Tanggul Putra di peringkat kedua, dan Garuda Muda berada di posisi ketiga. (*)

PUJI for RADARJEMBER.ID

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono