Larang Konvoi di Tahun Baru

33
ANTISIPATIF: Tim Polres Lumajang mengedarkan selebaran larangan aktivitas pada pergantian malam tahun baru.

LUMAJANG RADAR JEMBER.ID – Polres Lumajang mengeluarkan kebijakan penting dalam mengamankan malam tahun baru. Yakni, larangan penggunaan knalpot brong dan konvoi kendaraan bermotor.

Kapolres Lumajang AKBP DR M Arsal Sahban menegaskan larangan itu dalam surat yang diedarkan pada 29 Desember 2018 kemarin. Surat yang terbit dengan nomor SE/01/XII/HUM.3.4.1/2018 itu diteken untuk mengawal tahun baru.

Isinya melarang beberapa kegiatan masyarakat. Pertama, agar komunitas klub dan kelompok motor maupun kelompok pemuda dan masyarakat lainnya tidak melaksanakan pawai atau konvoi yang dapat mengganggu ketertiban lalu lintas.

Kedua, kendaraan bermotor tidak menggunakan knalpot brong maupun modifikasi knalpot di atas ambang batas kebisingan. Sesuai yang telah ditentukan sebagaimana standar Kepolisian Republik Indonesia.

Ketiga, Polres Lumajang dan Pemkab Lumajang akan memfasilitasi kegiatan malam pergantian tahun baru 2019 dengan acara Car  Free Night (CFN) di area Alun-Alun Lumajang. Dengan konsep hiburan yang aman, tertib, dan meriah.

Dari edaran tersebut, kapolres menegaskan akan memberikan sanksi tegas pada pelanggar. Khususnya pada kegiatan konvoi, pawai, dan penggunaan knalpot brong sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kemarin, tim Polres Lumajang juga diturunkan untuk menyebarkan edaran tersebut. Dalam acara Car Free Day (CFD) sejumlah polisi bergerak menyebarkannya dan menyosialisasikan pada kelompok warga dan anak muda yang ada di Alun-Alun Lumajang. (*)

Reporter : Hafid Asnan

Fotografer : Hafid Asnan

Editor : MS Rasyid