Baliho Kedaluwarsa Ditertibkan

8
DITERTIBKAN: Sejumlah baliho dan reklame yang kedaluwarsa kemarin ditertibkan Satpol PP Lumajang.

LUMAJANG RADAR JEMBER.ID – Bukan hanya baliho yang termasuk dalam alat peraga kampanye (APK) yang ditertibkan. Satpol PP kembali menyisir baliho yang berisi iklan perusahaan. Kemarin, ada puluhan yang ditertibkan di kawasan Kota Lumajang.

Pantauan Radarjember.id, sejak pagi kemarin, operasi ini dilakukan mengelilingi kawasan Kota Lumajang. Tim Satpol PP menyisir dan melakukan penertiban pada spanduk, baliho, dan papan reklame yang sudah lewat masa berlakunya.

Itu dilakukan mulai kawasan Jalan Gubernur Suryo, Jalan Pelita, Jalan PB Sudirman, dan sejumlah kawasan lainnya. Tim satpol PP langsung menurunkan dan memotong pengait baliho dan spanduk di sana.

Samsul Nurul Huda, kasi kemitraan Satpol PP Lumajang mengakui, memang itu menjadi agenda rutin, dan setiap hari dilakukan. “Bukan cuma untuk APK politik saja, tetapi semuanya. Termasuk yang kedaluwarsa langsung ditertibkan,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, khusus dengan APK kampanye parpol, pihaknya tidak bisa serta-merta melakukan penertiban. Masih harus berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) maupun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang. Sebab, semua itu ada aturan yang mengikat.

Terpenting menurut dia, jangan sampai ada yang dipaku di pohon. Sebab, jelas-jelas itu melanggar aturan. Bukan cuma APK kampanye partai politik, milik perusahaan mana pun, termasuk milik pemerintah sekalipun, tetap dilarang dipaku di pohon. (*)

Reporter : Hafid Asnan

Fotografer : Hafid Asnan

Editor : Narto