Gambar Caleg Boleh Dipasang Pinggir Jalan, Tidak Boleh di Mobil

Asal Tidak Dipaku di Pohon

DIPERBOLEHKAN: Poster atau gambar calon legislatif yang berada di Jalan Raya Grujugan ini diperbolehkan.

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bondowoso terus berusaha menurunkan gambar calon legislatif (caleg) yang ada di papan reklame serta jalur hijau. Juga, poster para caleg yang dipaku di pohon.

Karena gambar yang dipasang itu melanggar aturan. Namun, jika para caleg memasang poster atau gambarnya dengan cara rapi, maka diperbolehkan. Seperti yang terlihat di Jalan Raya Grujugan, tepatnya di pertigaan Tasnan.

Kemarin (18/12), Oky dari bawaslu kecamatan mengatakan, poster atau foto caleg ditata rapi di pinggir jalan kecamatan tidak masalah. ”Namun yang menjadi masalah jika poster atau gambar di pasang di pohon dengan cara dipaku,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Kabupaten Bondowoso Mohamad Makhsun mengatakan, dia akan mencopot gambar caleg yang ada di papan reklame yang terpasang di seputar Alun-Alun Bondowoso. ”Kami sudah mencopoti semua gambar caleg yang ada di papan reklame atau berbayar,” katanya.

Hal itu karena dia akan menegakkan Gerakan Jatim Tertib Serentak. ”Tujuannya agar proses pemilu atau kampanye sesuai aturan,” katanya. Oleh sebab itu, penempatan alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) harus sesuai SE Bawaslu dan PKPU. Oleh sebab itu, Bawaslu membersihkan papan reklame di perkotaan. ”Untuk kecamatan sudah dibersihkan semua,” katanya.

Bawaslu juga akan membersihkan kendaraan umum dari pemasangan stiker atau branding. ”Kalau ada kendaraan umum yang memakai stiker di kaca mobilnya, akan kami copot stikernya,” katanya. (*)

Reporter : Eko Saputro

Fotografer : Eko Saputro

Editor : Narto