Tebing Gumitir Longsor, Jalur Tersendat

28
BERSIHKAN BATU: Personel TRC PB BPBD Jember bersama warga setempat dan anggota Polsek Silo saat membersihkan batu yang ikut ambrol dari atas tebing Jalur Gumitir, Kamis kemarin.

RADAR JEMBER.ID –  Pengguna jalan yang melintas di jalur Gunung Gumitir harus benar-benar ekstra hati-hati, khususnya saat hujan turun. Sebab, sudah beberapa kali tebing di jalur Gunung Gumitir longsor. Terbaru, tebing setinggi 15 meter longsor di Dusun Gumitir, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kamis (6/12)pukul 03.00.

Beruntung, tidak ada korban jiwa. Sebab, saat longsor terjadi, tidak ada pengendara yang melintas. Longsoran bukan lumpur, tetapi kerikil dan batu ukuran besar ambrol ke jalan aspal. Material berupa batu yang longsor ke jalan hingga menutupi separuh jalan provinsi.

Kejadian itu diketahui sekitar warga dan warga yang sedang awe-awe yang biasa mangkal di Gunung Gumitir pukul 05.30. Kejadian itu juga dilaporkan ke Polsek Silo. Anggota Polsek Silo langsung turun ke lokasi untuk mengatur lalin dari dua arah.

Warga Bersama anggota Polsek Silo yang datang ke lokasi berusaha membersihkan batu yang ambrol dari tebing. Karena material yang jatuh ke jalan cukup banyak, petugas Polsek langsung berkoordinasi dengan BPBD Jember. Selanjutny, beberapa personel TRC PB BPBD Jember turun ke lokasi melakukan bersih-bersih.

Warga bersama personel BPBD Jember agak kesulitan saat membersihkan batu besar di tengah jalan. Sementara arus lalu lintas dari dua arah yang saat itu cukup padat sempat tersendat. Karena selain kendaraan roda dua, jalur yang merupakan satu-satunya itu juga dilewati kendaraan besar seperti bus, tronton, dan truk gandeng. Untuk memperlancar arus, anggota polsek setempat memberlakukan dengan sistem buka tutup.

Sementara di bagian atas tebing yang longsor masih ada tiga pohon yang dikhawatirkan juga akan tumbang. Agar tidak membahayakan pengguna jalan, akhirnya tiga pohon berukuran sedang tersebut langsung dipotong. Jalur baru berjalan normal setelah ketiga pohon dari atas tebing berhasil dipotong dan dibersihkan.

Kapolsek Silo AKP Hery Wahyono melalui Ipda Suparman, Kanitlantas Polsek Silo mengatakan, terjadinya longsor di bagian tebing Gumitir tepatnya di km 33 karena hujan turun cukup deras, Rabu (5/12) sore hingga malam hari. “Untuk pengendara tidak sampai terjadi antrean panjang karena diberlakukan dengan sistem buka tutup,” ujar Kanitlantas Polsek Silo Ipda Suparman.

Memang di jalur Gunung Gumitir ini sangat sering terjadi longsor dan pohon tumbang saat hujan yang disertai angin. Karena banyak pohon ukuran besar milik Perhutani ini berada di atas tebing. Untuk tebing yang rawan longsor, di jalur Gumitir ini ada beberapa titik. “Hal ini yang perlu diwaspadai bagi pengendara saat melintas di jalur gunung Gimitir,” ujar Kanitlantas Polsek Silo. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Narto