Peringatan Maulid Nabi

Siswa Arak Hasil Bumi

56
ANCAK AGUNG: Inilah bentuk rasa syukur siswa SMKN 3 Bondowoso dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW dengan membuat Ancak Agung.

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Banyak cara yang diimplementasikan untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Salah satu cara unik ditunjukkan para siswa SMKN 3 Bondowoso. Mereka membuat Ancak Agung Maulid. Setiap tiga kelas iuran dan membuat Ancak Agung. Menariknya, Ancak Agung itu dilombakan untuk mencari kreasi yang terbaik.

Pantauan Radarjember.id, hadir dalam upacara Ancak Agung itu Pj Sekda Agung Trihandono bersama perwakilan Depag Bondowoso, perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Bondowoso, dan undangan lainnya.

Aldi, siswa kelas X SMKN 3 Bondowoso mengungkapkan, per siswa iuran Rp 10 ribu saja. Ada tiga kelas. Mereka selanjutnya membuat gunungan Ancak Agung. Iuran itu juga untuk kendaraan dan alat hiasnya. “Kami sangat bersemangat, asyik acaranya,” ujarnya.

Sementara Kepala SMKN 3 Bondowoso Dr Umar Said mengatakan, agenda itu memang pertama kali di SMKN 3 Bondowoso. Pertama, tujuannya ingin menanamkan keteladanan Nabi Muhammad SAW. Salah satunya dengan penguatan budi pekerti, akhlak, dan karakter. “Selain itu, saya ingin membangun image religi. Sebab, SMK yang berbasis mesin, selama ini identik dengan kenakalan, brutal, dan lain-lain. Ini saya buang jauh-jauh image itu,” tegasnya.

Nilai-nilai religi itu diharapkan bisa membangun karakter siswa. Pihaknya juga menggembleng para siswa dengan melibatkan Yonif Rider 514. Harapannya, bisa membuka wawasan siswa, sehingga disiplin dalam belajar dan menuntut ilmu.

Pj Sekda Bondowoso Agung dalam kesempatan itu memberi apresiasi yang luar biasa atas kreasi siswa ini. Sebab selama ini mendengarkan salawat di STM atau SMKN sangat jarang. Sebab, image anak STM biasanya yang jelek-jelek saja. Namun dengan adanya kegiatan itu, pihaknya melihat image tersebut sudah hilang. “Saya sangat bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi,” jelasnya. (*)

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : Solikhul Huda

Editor : Rangga Mahardhika