Pantau Kesehatan Warga, Tim PKK Kabupaten Turun Gunung

18
TURUN KE KECAMATAN. Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember saat turun di Kecamatan Arjasa.

RADAR JEMBER.ID – Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember turun gunung memantau kondisi kesehatan warga. Termasuk sidak langsung pelayanan di pos kesehatan di Kecamatan Arjasa Kamis (6/12/2018). Salah satunya untuk mengetahui ada tidaknya kasus stunting di wilayah tersebut. Saat sidak tersebut, Tim PKK belum menemukan kasus stunting di wilayah tersebut. Saat berkunjung di kecamatan tersebut, rombongan tim kabupaten itu disambut tim Penggerak PKK Kecamatan Arjasa dan Bhayangkari Ranting Arjasa.

Menurut Fatonah, Ketua Pokja 4  PKK Kabupaten Jember menerangkan, stunting di Kabupaten Jember terdapat di 10 desa. “Terkait anak stunting di Kecamatan Arjasa tidak masuk di data pusat. Namun demikian, PKK Kabupaten Jember tetap memantau keberadaan anak stunting melalui kegiatan penimbangan setiap bulan. Apabila ditemukan ada anak stunting, maka saat itu langsung dilakukan pemulihan,” terang Fatonah.

Menurut Fatonah, stunting itu bisa dicegah melalui program 1.000 hari pertama kehidupan, dimulai saat berada di kandungan sampai anak berusia dua tahun, gizinya harus diperhatikan.

Sementara itu, Elilusiawati Herwan, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Arjasa mengungkapkan, tingkat kesadaran masyarakat di kecamatan tersebut cukup tinggi, untuk hidup sehat dan mengikuti keluarga berencana (KB). “Alhamdulilah, masyarakat di sini telah menerapkan perilaku hidup sehat dan ikut KB, lebih membanggakan lagi tidak ada anak stunting,”ungkap istri Camat Arjasa tesebut.

Di bagian lain, Faiko Eko Basuki Ketua Bhayangkari Ranting Arjasa menjelaskan, pihaknya selalu melakukan sinergi dengan muspika kecamatan setempat, untuk ikut mendukung keberhasilan program PKK. Dalam kesempatan itu pula, Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember, berencana melihat keberadaan rumah sehat yang memenuhi persyaratan seperti tersedianya air bersih, jamban keluarga, pembuangan limbah dan tempat sampah. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Winardi Nawa Putra