Pameran Batik Fashion Fair, Desain Stand Jember Luar Biasa

49

RADARJEMBER.ID – Berulangkali Jember meraih juara dalam ajang pameran di berbagai daerah. Ini tidak lepas dari kekompakan dan sinergisitas antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkolaborasi dalam ajang pameran. Termasuk kalangan UKM yang dilibatkan dalan ajang promosi produk loKal Jember.

Tidak terkecuali saat Pemkab Jember yang digawangi Bagian Perekonomian Pemkab Jember yang ikut dalam ajang Batik Fashion Fair 2018 di Surabaya mulai 5-9 Desember 2018. Rancangan desain stand pameran milik Pemkab Jember sungguh ciapik dan mendapat apresiasi bagus dari pengunjung pameran.

Hal ini juga disampaikan Pudjo Satrio Wibowo, Kepala bagian Perekonomian Pemkab Jember. “Banyak diapresiasi pengunjung. Stand Jember banyak dikunjungi,” ujarnya. Dikatakan, ada berbagai produk batik dan produk lokal yang dipromosikan dalam ajang pameran bergengsi yang digelar di Exhibiton Hall Grand City Surabaya. Pembukaan pameran bertajuk `Pesona Kriya Wastra Indonesia` yang dibuka Istri Wakil Gubernur Jawa Timur Hj Fatma Syaifullah Yusuf ini cukup meriah.Terlebih lagi, saat pembukaan ada fashion batik yang menampilkan berbagai produk batik yang dikenakan talent profesional.

Kata Pudjo, stand pameran menjadi daya tarik sendiri, selain desain stand sangat bagus dan menyajikan berbagai produk local yang tertata rapai, juga ada talent JFC (Jember Fashion Carnival) yang mampu menghibur pengunjung. Banyak pengunjung yang minta foto bersama talent JFC berlatar stand pameran yang memajang berbagai produk lokal Jember.

Tidak hanya itu saja, di stand pameran Jember, juga diperagakan bagaimana membatik secara langsung. Pengunjung bisa melihat bagaimana batik dibuat langsung di lokasi pameran. “Pameran ini diikuti 222 stand dari 190 kota/kabupaten seluruh Indonesia,” ujar Pudjo. Stand pameran menampilkan batik tenun, border, sasirangan, sulaman, serta berbagai aksesoris dari kain batik.

Banyak prestasi dalam ajang pameran yang diraih Pemkab Jember juga diapresiasi positif oleh Bupati Jember dr Hj Faida MMR. Menurut Bupati faida, keberhasilan dan raihan prestasi yang diraih dalam ajang pameran promosi daerah berkat sinergisitas antar OPD dalam mendukung ajang tersebut.

Bupati Faida menambahkan, dengan semakin dikenalnya Jember di berbagai daerah baik skala nasional maupun internasional, akan mampu mengangkat perekonomian Jember. “Kini semakin banyak yang tahu tentang Jember dengan berbagai potensi dan produk lokal Jember,” ujarnya. Lain daerah, kata Faida, juga lebih mengenal Jember ternyata kaya dengan wisata, produk lokal, dan kreatifitasnya. “Ke depan, kita harapkan dalam pelaksanaan lebih baik lagi dan semakin banyak prestasi yang diraih,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebelumnya, Kabupaten Jember menorehkan prestasi gemilang dalam ajang pameran. Kabupaten Jember kembali meraih juara satu pameran produk unggulan di Medan Fiesta. Pameran itu sendiri diikuti oleh 30 stand. Selain diikuti oleh perwakilan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) seluruh provinsi di Sumatera, juga diikuti utusan UMKM di Pulau Jawa.

Menurut Heru Wicaksono, Wakil Assosiasi UKM Jawa Timur Pengurus Daerah Jember, Kabupaten Jember, ada beberapa produk yang dipamerkan. Selain memamerkan produk unggulan berupa kerajinan tangan, batik, kopi, cerutu, edamame, okra, mie instant sayur, coklat, juga memamerkan suwar-suwir, kecap organik dan makaroni. “Kabupaten Jember bisa menjuarai stand terbaik, dikarenakan produk yang dipamerkan paling lengkap dan paling ramai dikunjungi,” tegas Heru. (*)

Video: Bagian Perekonomian Pemkab Jember diolah for radarjember.id