Laga di Padang, Mahasiswa Teknik Unej Sabet Juara

175
BANGGAKAN KAMPUS: Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Jember saat berlaga di Kompetisi Kontes Mobil Hemat Energi.

RADARJEMBER.ID – Tujuh mahasiswa serta seorang dosen dari Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Jember, mendapat pencapaian terbaik di penghujung tahun. Mereka meraih juara pertama dalam ajang kontes mobil hemat energi yang digelar Kemenritekdikti (Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Republik Indonesia) di Universitas Negeri di Padang (27 November – 1 Desember 2018) lalu.

Tim Unej ini mampu menjadi juara 1 Kategori Prototipe kelas Bio Solar. Pada ajang bergengsi ini, Universitas Jember mengirim 3 tim, yaitu tim kategori urban kelas listrik, kategori prototipe kelas listrik, dan kategori prototipe kelas bio solar. “Karya yang kita bawa tentunya bersaing untuk yang terhemat. Mobil dari tim kami beratnya 90 Kg. Tahapan selektif dilakukan penyelenggara untuk setiap peserta,” ujar Ahmad Aqib Shalahudin, salah seorang mahasiswa.

Selain itu, kompetisi tahunan ini diikuti sebanyak 64 perguruan tinggi dengan jumlah ratusan tim. Dengan tahapan seleksi sampai dengan 71 tim lolos sampai akhir. Dijelaskan, kemenangan ini bukan pertama diraih. Sebelumnya pada kompetisi yang sama. Pada Tahun 2014 juga menyabet juara 2 kateogri prototipe kelas etanol dan tahun 2015 menyabet juara 2 kategori prototipe kelas bensin.

“Dari persiapan selama 4 bulan ini, kompetisi ini menjadi pencapaian terbaik kami di akhir tahun,” ujar mahasiswa asal Bontang ini. Diakui juga, pencapaian kali ini menjadi semangat dan tantangan sendiri untuk terus berkarya bagi mahasiswa teknik unej ini. “Kebetulan selain kategori prototipe ada kategori urban. Ke depan kita mau membuka kelas atau persiapan untuk kategori urban. Agar kompetisi mendatang kita bisa mendapat juara dua kategori sekaligus,” saut Trian Fahmi Nizar, salah satu anggota tim. (*)

Foto : Teknik Mesin for Radar Jember ID

Reporter : Pradini Anjar Agustin

Fotografer : Istimewa

Editor : Winardi Nawa Putra