Cegah Stunting Gelar Cipta Menu

11
CICIPI MAKANAN - Bupati Salwa Arifin dan istri saat menikmati menu yang disajikan peserta untuk bersama menanggulangi stunting di masyarakat Bondowoso.

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Untuk mencegah stunting atau gangguan tumbuh kembang pada anak, Pemkab Bondowoso melalui Dinas Ketahanan Pangan Bondowoso menggelar lomba cipta menu yang ditempatkan di GOR Pelita, kemarin (6/12). Ada sekitar 51 peserta yang ikut dalam lomba tersebut yang terdiri dari OPD, kecamatan, serta perbankan.

Sedangkan, menu yang disajikan berasal dari ketela dan ubi. Pasalnya, ketela dan ubi mudah sekali diperoleh. Selain itu, kandungan gizinya sangat tinggi. Bupati Salwa Arifin dalam kata sambutannya mengatakan tujuan kegiatan itu salah satunya memang untuk mencegah stunting yang banyak menyerang anak-anak di Bondowoso.

Stunting atau gangguan tumbuh kembang bisa dicegah dengan menyajikan makanan yang bergizi. Di antaranya, yang bersumber dari ketela dan ubi,” katanya. Bondowoso kaya akan ketela dan ubi. Oleh karena itu, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan makanan bergizi dengan harga yang murah dan terjangkau seluruh masyarakat Bondowoso.

Oleh sebab itu, bupati mengapresiasi para peserta yang menyajikan menu berbasis sumber lokal. “Ternyata para peserta cukup piawai dalam menyajikan berbagai menu makanan minuman,” terangnya.

Salwa mengatakan, dirinya merasakan aura yang berbeda saat memasuki area lomba cipta menu. “Saya merasakan suasana yang berbeda dibandingkan dengan suasana saat rapat dengan para kepala dinas atau OPD. Kali ini, saya merasakan aroma masakan yang lezat,” ujarnya disambut tawa para peserta.

Sementara itu, Dandim 0822 Letkol Tarmuji yang juga mengerahkan tim cipta menu dari ibu-ibu Persit mengatakan pentingnya mengelola bahan pangan dari ketela atau ubi. “Sebab, kita ini jangan tergantung dengan beras. Sebab, ketela atau ubi juga merupakan sumber pangan yang bergizi,” katanya.

Sementara itu, untuk peserta sendiri terlihat ada ibu-ibu dari RSU Dr Koesnadi mengirim timnya untuk ikut lomba cipta menu. Selain itu, Bank Jatim Bondowoso juga mengirimkan timnya untuk berlaga dalam lomba cipta menu tersebut. Juara satu dalam kegiatan cipta menu itu adalah dari Kantor Kecamatan Bondowoso. (*)

Reporter : Eko Saputro

Fotografer : Eko Saputro

Editor : Rangga Mahardhika