Bawang Merah Naik

17
BAWAH MERAH: Memasuki musim penghujan, komoditas bawang merah naik.

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Harga komoditas bawang merah sebulan belakangan terus melonjak. Dari sebulan lalu Rp 15 ribu, saat ini mencapai Rp 24 ribu. Naiknya harga ini dibarengi dengan 12 komoditas lainnya, seperti wortel, kubis, tomat, dan lainnya.

Namun, ada beberapa harga yang juga mengalami penurunan. Seperti minyak goreng curah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, dan kentang. Mengenai kenaikan komoditas bawang merah, Amil, pemilik kios palawija di Pasar Induk Bondowoso mengungkapkan adanya pengaruh hujan. Menurutnya, sebenarnya barang tidak langka, namun telat pengirimannya. “Telat sehari saja, harga langsung naik,” ujarnya.

Kabid Perindustrian Diskoperindag Suhartono mengungkapkan, pasokan bawang merah berasal dari Jawa Tengah, Probolinggo, dan Nganjuk. Setiap musim penghujan, memang sering kali mengalami kenaikan. “Sebab, pengeringannya juga susah, ditambah pengirimannya, pasar sempat telat, harga naik,” jelasnya.

Adanya kenaikan harga untuk bawang merah memang signifikan. Namun, tidak hanya bawang merah. Ada telur ayam, kentang, wortel, kubis, dan lainnya. Walaupun naik, namun kondisi pasar masih stabil.

Sebagai langkah normalisasi, pihaknya berkoordinasi dengan Bulog dan bagian ekonomi pemkab. Nantinya akan ada operasi pasar. Tidak hanya beras saja, namun komiditas lainnya yang mengalami kenaikan. “Kami akan melakukan operasi pasar, agar barang tidak langka dan tidak mengalami kenaikan,” pungkasnya. (*)

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : Solikhul Huda

Editor : Shodiq Syarief