173 PNS Baru Disumpah, Bupati Minta ASN Fokus Layani Rakyat

75
EMBAN AMANAH: Bupati Jember dr Hj Faida MMR mengambil sumpah 173 PNS baru di Pendapa Wahyawibawagraha

RADARJEMBER.ID – Bupati Jember dr Hj  Faida MMR meminta agar Aparatur Sipil Negara (ASN) fokus melayani masyarakat dengan baik. Hal ini disampaikan Bupati Faida saat mengambil sumpah sebanyak 173 CPNS yang resmi menjadi PNS. Prosesi ini berlangsung di Pendapa Wahyawibawagraha, Rabu (5/12/2018). Setelah mengucapkan sumpah, mereka mendapatkan SK pengangkatan sebagai PNS, tanpa pungli.

Bupati Jember dr Hj Faida MMR saat menyumpah ratusan PNS baru

PNS yang baru diambil sumpahnya ini mayoritas berada di layanan fungsional. Mereka berada di garda terdepan pelayanan kepada masyarakat. “Fokuslah dalam menyukseskan pelayanan yang ada di puncak bapak ibu sekalian,” ujarnya. Mereka yang dilantik ini paling banyak adalah bidan muda yang sudah mengenal medan pelayanan di Kabupaten Jember.Termasuk para penyuluh pertanian. Ada pula PNS yang bertugas di bagian administrasi.

Bupati Faida juga mengingatkan soal masih tingginya kematian bayi dan ibu melahirkan yang menjadi prioritas pelayanan serta menjadi tanggung jawab bersama. Dijelaskan, keselamatan bayi dan ibu melahirkan menjadi faktor adanya formasi CPNS di Jember.

“ Jangan lengahkan pelayanan kepada masyarakat. Karena ada mereka, maka bapak ibu ada pada posisi sekarang. Tanpa mereka posisi itu tidak akan pernah ada,” ujarnya. Bupati juga menjelaskan, Jember masih bergentung pda potensi pertanian. Maka dari itu, keberadaan penyuluh pertanian menjadi garda terdepan pelayanan pengembangan pertanian. “Jadilah penyuluh yang terpercaya. Jadilah penyuluh yang selalu update ilmu pengetahuan. Jadilah penyuluh yang setip ilmunya sangat berguna untuk masyarakat,” ujar Bupati perempuan pertama di Jember ini.

Bupati juga berpesan, agar para PNS baru untuk menyiapkan diri karena telah disumpah untuk menjalankan tugas di manapun di seluruh Indonesia. “Pada tugas formasi yang ada sekarang jalankan sebaik-baiknya,” tegasnya. Faida menambahkan, semangat gotong royong di lapangan dalam pelayanan harus tetap dijaga dan dipupuk. “Gotong royong menjadi ciri khas warga Indonesia,” tambahnya.

Terkait pelantikan PNS baru ini, lanjut Faida,  dipastikan tidak ada tarikan atau pungutan dengan alasan apapun, Karena itu, para PNS diminta untuk menjaga nama baik diri sendiri, keluarga, serta nama baik Kabupaten Jember. “Jangan pernah meneoleransi ajakan terhadap pungli dan korupsi. Selamat kepada bapak ibu sekalian. Jangan lupa bersyukur. Jangan lupa bersedekah sebagai wujud syukur,” ujarnya. (*)

Reporter : Winardi Nawa Putra

Fotografer : Humas Pemkab Jember for Radarjember.id

Editor : Winardi Nawa Putra