Patung Singo Ulung Menarik Antusiasme Masyarakat

19
DIABADIKAN: Kesenian Singo Ulung memang selama ini identik dengan Kabupaten Bondowoso. Bahkan, ketika dibuatkan patung, cukup menarik perhatian masyarakat.

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Ronteg Singo Ulung merupakan tarian khas Desa Belimbing, Kecamatan Klabang, Bondowoso. Bahkan, kini sudah diadopsi menjadi kesenian ciri khas Pemkab Bondowoso. Tarian yang dijalankan oleh seseorang yang masuk ke dalam sebuah singa buatan itu sudah tampil ke ibu kota dan beberapa daerah lain.

Kini, tarian Singo Ulung dijadikan monumen oleh Pemkab Bondowoso, berupa patung singa melompat ke dalam lingkaran api yang terletak di perempatan Jalan Ahmad Yani, Bondowoso. Hal ini pun menarik perhatian masyarakat yang melewati jalan tersebut. “Keren patung Singo Ulung-nya. Ternyata bagus kalau dijadikan monumen,” tutur Hadi, warga Dabasah, Bonsowoso, saat melintas di lokasi tersebut.

Pihaknya berharap sejumlah identitas lokal Bondowoso terus digalakkan oleh Pemkab Bondowoso. Harapannya, selain menguatkan identitas lokal Bondowoso sehingga lebih banyak dikenal oleh masyarakat di luar Bondowoso, juga bisa untuk melestarikan budaya tradisional di Bondowoso. Dengan demikian, diharapkan bisa terus meningkatkan kecintaan masyarakat untuk terus bersama pemerintah memajukan Bondowoso. (*) 

Reporter : Eko Saputro

Fotografer : Eko Saputro

Editor : Rangga Mahardhika